DetikHot

kpop

Presiden Korea Selatan Perintahkan Investigasi Mendalam di Kasus Seungri

Rabu, 20 Mar 2019 13:26 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Presiden Korea Selatan Perintahkan Investigasi Mendalam di Kasus Seungri Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta - Kasus prostitusi Seungri dan Burning Sun hingga kini masih menjadi perhatian publik hampir seluruh dunia. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, akhirnya angkat bicara.

Berdasarkan pernyataan yang dirilis, Presiden Moon Jae In memerintahkan pihak kepolisian untuk menginvestigasi secara mendalam tiga kasus besar yang kini tengah dihadapi oleh Korea Selatan. Kasus-kasus tersebut adalah kasus bunuh diri aktris Jang Ja Yeon, mantan wakil Kementrian Hukum Kim Hak Eui, dan Burning Sun.

"Terdapat kasus dengan dugaan kuat yang ada di depan mata penduduk Korea, tapi kebenarannya selama ini tersembunyi. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang sengaja disembunyikan," ungkapnya.

Sementara mengenai dugaan pihak kepolisian berpangkat tinggi yang menggunakan power-nya untuk menutupi pelaku di sejumlah kasus, Presiden Moon Jae In meminta pihak berwajib tetap menyelidiki kasus tersebut.

"Kasus ini mungkin memang sudah terjadi di masa lalu, namun harap diperhatikan bahwa mengungkap kebenaran dan fakta-fakta yang memalukan (tentang diri sendiri) untuk kembali lahir sebagai tim investigasi yang bisa dipercaya adalah misi yang harus dilakukan dengan tanggung jawab oleh para pimpinan dan pihak kepolisian," lanjut Presiden Moon Jae In.

"Saya meminta Kementrian Hukum dan Kementerian Kemanan Nasional bertanggung jawab untuk mengungkap kebenaran dan mengklarifikasi setiap kecurangan dan kecurigaan yang timbul dari sejumlah kasus," pungkasnya.


(dal/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed