detikHot

kpop

G-Dragon Disebut Dapat Perlakuan Khusus saat Wajib Militer, Seperti Apa?

Selasa, 26 Feb 2019 17:13 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: ist Foto: ist
Jakarta - Selama menjalani wajib militer, G-Dragon kerap dikabarkan mendapatkan perlakuan khusus. Namun kabarnya, hal itu membuat ranking sang rapper di satuan tentara Korea.

Diberitakan pertama kali oleh Dispatch, seorang tentara akan melewati 3 ranking sebelum pada akhirnya menyelesaikan wajib militer. Tiga bulan pertama, mereka akan menjadi prajurit biasa, tujuh bulan kemudian rankingnya akan naik menjadi prajurit klas satu, dan nantinya akan naik jabatan menjadi kopral tujuh bulan kemudian.

Sejumlah tentara yang masuk wajib militer bersama G-Dragon saat ini sudah dipromosikan menjadi kopral. Sementara pelantun hits 'Butterfly' itu masih di tingkat prajurit kelas satu.

Menurut sumber, dikutip dari Soompi, Selasa (26/2) hal tersebut kemungkinan disebabkan karena G-Dragon tak lulus dalam evaluasi yang biasa dilakukan sebelum promosi. Ketidaklulusan tersebut kabarnya disebabkan karena ia kerap absen dengan alasan ambil libur atau sakit.

Terhitung sampai 26 Februari 2019, G-Dragon menjalani tugas selama 364 hari sejak memulai wamil pada 27 Februari 2018. Selama 100 hari dari hitungan tersebut, ia tercatat menghabiskan waktu di luar unit.

Setidaknya 50 hari diambil dengan alasan libur atau sakit. Para tentara memang mendapatkan jatah libur 28 hari selama menjalani wamil, namun G-Dragon mempergunakannya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Dispatch juga mengungkap G-Dragon menghabiskan waktu libur selama 11 hari selama 1-11 Februari. Mereka menuding pihak militer memberikan perlakuan khusus soal hari libur kepada G-Dragon.

Mengenai kabar itu, pihak White Skull Division, divisi tempat G-Dragon ditugaskan, membantah kabar tersebut. Mereka menegaskan jatah libur dan sakit diberikan sesuai dengan regulasi.

"Komandan memberikan izin libur kepada semua tentara yang ditransfer dalam waktu yang sama. Semua libur yang diberikan dilakukan sesuai dengan regulasi. Ketika tahun baru dimulai, 30 hari izin sakit diberikan," ungkapnya.

Sementara itu, hingga kini masih belum ada komentar dari pihak YG Entertainment.


(dal/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com