detikHot

kpop

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak Kriminal

Selasa, 30 Okt 2018 15:34 WIB Febrina Arifin - detikHot
Foto: NUEST Foto: NU'EST
Jakarta - Idola K-Pop tidak luput dari kesalahan dan juga tindak kriminal. Meski begitu beberapa di antaranya merupakan korban dari tuduhan tak berdasar dan rumor yang salah.

Berikut adalah 5 idola K-Pop yang dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan kriminal.

1. Onew (SHINee)

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak KriminalFoto: Cosmopolitan.

Pada tahun 2017, Onew 'SHINee' dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di sebuah klub malam di Gangnam. Wanita tersebut juga mengklaim bahwa pihak SM Entertainment selaku agensi yang menaungi Onew memaksa dirinya untuk mencabut tuduhan.

Kasus tersebut pun diserahkan ke pihak kejaksaan dan setelah lama berdiam diri, Onew meminta maaf secara resmi kepada para penggemar. Meski begitu para fans yang merasa tersakiti tidak memaafkan Onew begitu saja dan bahkan meminta sang leader untuk dikeluarkan dari grup.

Pada akhirnya Onew tidak meninggalkan SHINee dan pada awal tahun 2018, Onew dinyatakan tidak bersalah oleh pihak kejaksaan.

2. Yoochun (JYJ)

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak KriminalFoto: Park Yoochun.

Yoochun 'JYJ' harus menghadapi perhatian negatif pada tahun 2016 silam. Pada Juni 2016, seorang wanita mengajukan tuduhan bahwa Yoochun telah melakukan pemerkosaan terhadap dirinya.

Segera setelahnya, tiga orang wanita lainnya mengajukan tuduhan yang sama terhadap sang idola.

Setelah dilakukan penyelidikan menyeluruh, ternyata wanita pertama dan Yoochun melakukan hubungan yang disepakati bersama sedangkan tuduhan 3 wanita lainnya dinyatakan tidak valid. Yoochun akhirnya dinyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan.

3. Tzuyu (TWICE)

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak KriminalFoto: Tzuyu[ (JYP Entertainment)

Ketika baru berusia 16 tahun di tahun 2015 silam, Tzuyu 'TWICE' memicu kontroversi dalam sebuah acara televisi. Tzuyu menyapa para penonton sebagai orang Taiwan sambil mengangkat bendera China.

Hal yang terbilang sederhana ini membuat Tzuyu dituduh sebagai seorang aktivis independensi Taiwan. Tuduhan tersebut terus berdatangan dan Tzuyu pun menerima kritik pedas bertubi-tubi.

Aktivitas 'TWICE' juga dihentikan untuk sementara lantaran China memboikot JYP Entertainment secara keseluruhan. Akhirnya Tzuyu dan Park Jinyoung selaku CEO pun meminta maaf kepada publik dan akhirnya kontroversi pun mereda.

4. Baekho (NU'EST)

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak KriminalFoto: NU'EST

Pada Juni 2017, seorang wanita di sebuah komunitas online mengklaim bahwa Baekho 'NU'EST' telah melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya pada tahun 2009 silam. Ia bahkan menyebarkan beberapa jenis "bukti" seperti video percakapan dengan Baekho.

Pledis Entertainment selaku agensi yang menaungi Baekho telah membantah rumor tersebut namun investigasi tetap dilakukan. Setelah 8 bulan penyelidikan, Baekho dinyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan.

5. Jisoo (Lovelyz)

5 Idola K-Pop Ini Pernah Dituding Lakukan Tindak KriminalFoto: Woollim Entertainment.

Di tahun 2014, Jisoo 'Lovelyz' menghadapi berbagai tuduhan yang mengerikan. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap sesama wanita dan bahkan dituduh melakukan pemerkosaan.

Hal ini menyebabkan Jisoo tak dapat berpartisipasi dalam kegiatan promosi 'Lovelyz' yang baru saja melangsungkan debut di kala itu.

Investigasi atas rumor tersebut pun dilakukan dan meski tersangka penyebar rumor palsu tersebut tidak ditemukan, Jisoo dinyatakan bersih dari segala tuduhan.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com