detikHot

kpop

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunA

Kamis, 13 Sep 2018 18:05 WIB Azhry Puspa Salmyra Zenny - detikHot
Foto: Hyuna (Official YouTube Channel) Foto: Hyuna (Official YouTube Channel)
Jakarta - Nama HyunA dan juga E'Dawn saat ini sedang ramai diperbincangkan. Mereka berdua diberitakan telah dikeluarkan oleh manajemen lantaran dianggap tidak bisa menjaga rasa kepercayaan dan kesetian pada Cube Entertaiment.

Para penggemar yang mengetahui hal tersbeut pun tentunya sangat terkejut. Apalagi selama ini, HyunA yang dikenal sebagai 'tulang punggung' manajemennya sendiri karena berhasil membuat nama Cube Entertainment semakin besar.

Seperti apa perjalanan karir HyunA dalam membantu mengangkat nama manajemennya?

1. Debut bersama Wonder Girls

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: HyunA di Wonder Girls (dok. ist)

Menjalani masa trainee selama tiga tahun di JYP Entertaiment, HyunA memulai kariernya sebagai idola K-Pop dengan debut bersama Wonder Girls di tahun 2007. Debut lewat lagu 'Irony', Hyuna Cs pun berhasil menarik perhatian para penggemar K-Pop kala itu.

Namun sayangnya, HyunA tak bisa bertahan lama dalam group tersebut lantaran masalah kesehatanna yang semakin menurun.

2. Bergabung dengan Cube Entertaiment

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: Dok. Instagram/hyunah_aa

Di tahun 2008, Hyuna memutuskan untuk menandatangani kontraknya dengan Cube Entertaiment dan melakukan debutnya dengan girlband 4Minute di tahun 2009 dengan lagu yang bertajuk 'Hot Issue'.

3. Sukses Debut Solo

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: Dok. Instagram/hyunah_aa

Saat masih tergabung di 4Minute, HyunA pun melakukan debut solonya di tahun 2010 dengan lagu yang bertajuk 'Change' dan sukses merajai berbagai chart musik Korea Selatan.

Tak hanya sampai di situ, HyunA pun kembali merilis lagu di tahun 2011 dengan lagu solonya yang bertajuk 'Bubble Pop'. Berkat lagu tersebut, ia pun menjadi idola perempuan K-Pop pertama yang meraih 100 juta penonton di YouTube.

4. Makin Dikenal Setelah Tampil Dalam MV Gangnam Style

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: HyunA dan PSY (dok. YouTube)

Nama HyunA makin melejit setelah dirinya terlibat dalam MV 'Gangnam Style' milik PSY. Di tahun 2014, HyunA merilis lagu yang bertajuk 'Red' dan berhasil menembus chart Billboard dan bahkan MV nya tersebut disebut sebagai salah satu MV terbaik oleh majalah Rolling Stone.

5. Karier Yang Tetap Stabil Pasca Bubarnya 4Minute

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: Pinterest

Di tahun 2016, 4Minute memutuskan untuk bubar. Seluruh member terkecuali HyunA lebih memilih untuk mengakhiri kontraknya dengan Cube Entertaiment.

Pasca bubarnya 4Minute, karier HyunA pun tetap stabil. Hal tersbeut dibuktikan dengan perilisan album-album solonya seperti 'A'wsome' di tahun 2016, album 'Following' di tahun 2017 dan juga lagu solonya yang bertajuk 'Lips & Hips' pada Desember 2017 lalu.

7. Tergabung Dalam Sub-Unit TRIPLE H

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: dok. Twitter CUBE

Di tahun 2017, HyunA dan juga kedua member PENTAGON yakni E'Dawn dan Hui terbentuk dalam sub-unit Triple H. Debut dengan album '199X', Triple H berhasil menarik perhatian para penikmat musik.

8. Berpacaran Dengan E'Dawn 'PENTAGON' Hingga Didepak Dari Cube Entertaiment

Disebut Tulang Punggung Manajemen, Ini Perjalanan Karier HyunAFoto: Dok. Instagram/hyunah_aa

Setelah Triple H melangsungkan comeback nya dengan lagu yang bertajuk 'Retro Future', HyunA dan juga E'Dawn secara mengejutkan menyatakan bahwa keduanya menjalin hubungan selama 2 tahun.


Jatuh Bangun Perjalanan Karier Hyuna Sebelum Didepak oleh Cube, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya, pihak manajemen Cube Entertaiment sempat membantah hal tersebut. Namun karena tidak ingin membohongi para penggemarnya, HyunA dan juga E'Dawn akhirnya mengaku.

Pasca kejadian tersebut, E'Dawn dan juga Hyuna pun didepak dari manajemen Cube Entertaiment tanpa sepengetahuan mereka berdua. Namun pihak Cube Entertaiment kembali memberikan klarifikasi bahwa keduanya belum benar-benar dikeluarkan dan masih dalam tahap diskusi.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com