detikHot

kpop

Deretan Kontroversi yang Pernah Dialami G-Dragon

Selasa, 26 Jun 2018 14:26 WIB Azhry Puspa Salmyra Zenny - detikHot
Foto: G-Dragon (Getty Images)
Jakarta - Kesuksesan karier G-Dragon di K-Pop memang tidak perlu diragukan lagi. Berkat sejumlah prestasi yang ia raih hingga saat ini, leader BIGBANG tersebut sering dijuluki dengan sebutan 'Legenda K-Pop'.

Namun di balik popularitasnya, pria yang memiliki nama asli Kwon Jiyong ini pernah mengalami beberapa skandal. Dimulai dari skandal marijuana hingga diduga mendapatkan perlakuan khusus di sebuah rumah sakit militer.

Berikut beberapa kontroversi yang pernah menimpa G-Dragon:

1. Mengkonsumsi Ganja

Deretan Kontroversi yang Pernah Dialami G-DragonFoto: G-Dragon (Getty Images)

Pada 2011 silam, G-Dragon terbukti mengisap ganja di sebuah kelab malam usai menggelar konser di Jepang.

G-Dragon sempat melakukan tes urin untuk membuktikan hal tersebut, namun tes urin dinyatakan negatif. Akan tetapi setelah sang idola melakukan tes rambut, mantan kekasih dari Kiko Mizuhara tersebut dinyatakan positif menggunakan ganja.

Pihak kepolisian Seoul pun menyatakan G-Dragon menghisap sebatang rokok yang berisikan ganja sebanyak tiga kali. Namun, karena ia mengonsumsi dalam jumlah kecil, G-Dragon pun bebas dari Investigasi.

2. Menggunakan Tema Dewasa Saat Konser

G-DragonG-Dragon Foto: ist

Pada saat menggelar konser yang bertajuk 'Shine A Light' pada tahun 2011, G-Dragon sempat membuat publik heboh karena penampilannya pada saat konser terlihat seperti sedang melakukan hubungan intim dengan seorang penari yang bernama Aimee.

Namun, sang penari mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan penampilan mereka pada saat itu, hanya saja foto yang beredar di internet terlihat terlalu vulgar.

Pada saat itu, publik mengkritik keras G-Dragon karena menampilkan aksi panggung yang tidak pantas untuk para penonton. Karena, banyak penonton yang masih di bawah umur lolos dari pemeriksaan.

Pada akhirnya pihak YG Entertainment merilis permintaan maaf kepada publik. Manajemen menjelaskan adegan tersebut ditampilkan di hari kedua konser, yang mana dikhususkan untuk penonton dewasa.

3. Dituding Plagiat Lagu

G-DragonG-Dragon Foto: High Cut

Di tahun 2010, G-Dragon pernah dituding plagiat sebanyak dua kali. Lagu pertama yakni lagu debut solonya yang bertajuk 'Heartbreaker'. Pada saat itu lagu tersebut dituduh plagiat lagu milik Flo Rida bertajuk 'Right Around'.

Tak ingin memperpanjang masalah, pihak YG pun akhirnya menghubungi Flo Rida secara langsung. Lewat pernyataan resmi yang dirilis, Flo Rida mengklarifikasi bahwa G-Dragon sama sekali tidak menjiplak lagunya. Keduanya bahkan melakukan kolaborasi 'Heartbreaker' versi remix yang kemudian dirilis dalam album G-Dragon yang bertajuk 'Shine A Light'.

Selanjutnya, lagu kedua yang dituding menjiplak yakni lagu solonya yang bertajuk 'Middle Finger Up'. Lagu yang dirilis pada tahun 2017 silam, dikabarkan menjiplak lagu Rapper asal Amerika, Kyle.

Menurut sebuah portal berita Korea, jika lagu tersebut didengarkan dengan seksama, lagu milik G-Dragon sangat mirip dengan lagu 'iSpy' milik Kyle yang berkolaborasi denhan Lil Yachty dan dirilis pada 2016.

Setelah kasus tersebut menjadi heboh, Kyle muncul dan menyukai sebuah komentar seorang dari seorang penggemar. Dalam komentar tersebut, dikatakan bahwa G-Dragon tidak memplagiatkan lagu milik Kyle. Dan para penggemar pun beranggapan bahwa hal tersebut telah mengakhiri dari kontroversi yang terjadi.


4. Skandal Rasisme

G-DragonG-Dragon Foto: Big Bang Official Facebook / YG Entertainment

Melalui akun Instagram pribadinya, G-Dragon pernah mengunggah sebuah foto selfie dengan wajah hitam legam. Karena unggahan tersebut, G-Dragon pun dituding membawa pesan rasial mengenai orang kulit hitam.

Hal tersebut pun makin diperpanas oleh dua media Amerika SPIN Magazine dengan LA Times yang menyebutkan jika tindakan yang dilakukan G-Dragon menyangkut hal politik.

Kedua media tersebut menyebutkan jika foto yang diunggah oleh G-Dragon mengikuti tren para artis Amerika keturunan Afrika, Trayvon Martin yang menggunakan hoodie.

G-Dragon dianggap melakukan penghinaan kepada Trayvon, karena menggunakan cat hitam di wajah, serta kerah baju yang digunakan seperti hoodie.

Trayvon Martin sendiri adalah remaja asal Florida yang ditembak mati oleh tetangganya, George Zimmerman.

Tidak ingin memperkeruh suasana, pihak manajemen akhirnya mengirim surat kepada kedua media tersebut dan menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi. Manajemen juga membantah jika hal yang dilakukan oleh G-Dragon tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan hal rasisme dan juga politik.

"G-Dragon hanya mengenakan cat wajah yang berbeda dan ini hanya kesalahpahaman yang sangat besar. Warna wajahnya yang sebuah variasi warna untuk sampul album baru yang memasukkan konsep warna hitam, putih, dan merah," ungkap pihak manajemen.

5. Diduga Mendapatkan Perlakuan Khusus saat Wamil

G-DragonG-Dragon Foto: BAZAAR

Skandal yang terjadi baru-baru ini, G-Dragon diberitakan mendapat perlakuan khusus saat menjalani perawatan di rumah sakit militer, Yangju, Gyeonggi, Korea Selatan.

Dispatch mengungkapkan bahwa G-Dragon menggunakan ruangan VIP, yang hanya diperbolenkan untuk pangkat kolonel. Ruangan tersebut dikabarkan dilengkapi dengan AC, lemari es, TV serta beberapa fasilitas mewah lainnya.

Mengetahui hal tersebut, pihak kemiliteran kemudian membantah dan mengatakan bahwa mereka tidak pernah memberikan perlakuan istimewa kepada para selebriti. Pihak kemiliteran juga mengungkapkan tidak ada kamar khusus yang hanya dapat digunakan oleh kolonel. Mereka menyebut bahwa ruangan pribadi yang berada di rumah sakit dapat digunakan oleh semua pasien yang mempunyai alasan khusus.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com