DetikHot

kpop

BamBam 'GOT7' akan Jalani Wajib Militer Thailand?

Senin, 02 Apr 2018 18:49 WIB  ·   Clara Florina Sutanto - detikHOT
BamBam GOT7 akan Jalani Wajib Militer Thailand? Foto: dok. Instagram BamBam 'GOT7'
Jakarta - Fans GOT7 pasti sedang bergairah menantikan konser GOT7 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 30 Juni mendatang. Acara ini akan menjadi kunjungan mereka yang kedua kalinya ke Indonesia setelah fan meeting pertama pada 2015. Sayangnya, ada kemungkinan besar grup ini tampil dengan member yang tidak lengkap.

Ada kemungkinan BamBam harus menjalani wajib militer di negara asalnya, Thailand. Negara ini mempunyai sistem wajib militer berbeda dari Korea, yang mengharuskan setiap pria berumur 18 sampai 35 tahun untuk bergabung dengan militer.

Thailand memakai sistem relawan dan undian untuk menentukan siapa saja yang akan bertugas menjadi tentara. Semua pria berumur 21 boleh menjadi relawan dan bertugas selama 6 bulan, atau mereka boleh mengikuti undian dan menarik sebuah kartu yang akan menentukan nasib mereka selama dua tahun ke depan.

Jika mereka menarik kartu hitam, berarti mereka bebas dari wajib militer dan tidak harus mendaftar selamanya. Sebaliknya, jika mereka menarik kartu merah, berarti mereka harus melapor ke militer negara dalam sebulan dan bertugas selama dua tahun.

Sistem ini dilakukan setiap bulan April dan tidak mengecualikan mereka yang sedang bekerja di negara asing. BamBam, yang akan merayakan ulang tahun ke-21 pada 2 Mei, harus kembali ke negaranya dan menarik undian militer tersebut pada Senin (9/4). Jika ia mendapat kartu merah, berarti grup GOT7 akan kehilangan satu member selama dua tahun dan ribuan fans di seluruh dunia akan kecewa.

NCT Ten yang juga berdarah Thailand bebas dari wajib militer karena alasan kesehatan. Operasi lutut yang ia dapat pada tahun lalu membuatnya tidak pantas secara fisik untuk menjadi seorang tentara.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed