DetikHot

kpop

Sederet Aktor Korea Dilaporkan atas Tudingan Pelecehan Seksual

Senin, 26 Feb 2018 18:26 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Sederet Aktor Korea Dilaporkan atas Tudingan Pelecehan Seksual Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak gerakan #MeToo diramaikan oleh selebriti Hollywood, tak sedikit korban pelecehan seksual yang mulai angkat bicara. Termasuk di Korea Selatan.

Banyak laporan yang masuk terkait insiden tersebut yang melibatkan aktor-aktor veteran Korea Selatan. Di antaraya Jo Min Ki, yang dituding melakukan pelecehan pada siswi-siswinya di Universitas Cheongju.

Dikutip dari berbagai sumber, Jo Min Ki, yang sudah sejak 2010 menjadi profesor di jurusan Theater, disebut kerap mencium, menyentuh bagian tertentu, hingga mengundang para siswinya untuk datang ke rumahnya dan memberikan minuman keras.

Para siswi kemudian dibuat mabuk, sehingga tak bisa menolak untuk menginap di kediaman Jo Min Ki. Saat itulah bintang 'Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo' itu membuka pakaian mereka dan melakukan pelecehan seksual.

Sederet Aktor Korea Dilaporkan atas Tudingan Pelecehan SeksualFoto: REUTERS

Dalam wawancara beberapa waktu lalu, Jo Min Ki membantah tudingan tersebut. Ia menyebut segala tuduhan yang dilayangkan kepadanya hanya berupa kesalahpahaman.

"Aku menyentuh dada mahasiswi-mahasiswiku untuk mengajari mereka berakting dengan hati. Tapi mereka melaporkanku dengan sengaja menyentuh dada mereka. Setelah pergi karaoke, aku biasa memeluk para mahasiswi untuk memberikan semangat," ungkapnya kala itu.

Namun pada akhirnya, pihak universitas pun mulai menginvestigasi laporan-laporan dari para mahasiswi pada September 2017. Setelah menemukan bukti yang cukup, universitas pun memberhentikannya sementara selama tiga bulan, sebelum pada akhirnya Jo Min Ki memutuskan untuk mengundurkan diri secara sukarela.

Ada juga aktor Oh Dal Su yang dituding melakukan pelecehan seksual kepada aktris-aktris muda yang tergabung dalam perkumpulan akting di Busan. Salah satu korban mengaku telah 20 tahun dirawat karena mengalami gangguan mental usai insiden pelecehan seksual tersebut.

Sederet Aktor Korea Dilaporkan atas Tudingan Pelecehan SeksualFoto: REUTERS

Sang aktor disebut dengan sengaja memasukkan tangannya ke dalam rok sang korban dan melakukan hal-hal tidak senonoh. Namun, Oh Dal Su membantah tudingan tersebut.

"Tudingan tersebut tidak benar. Aku tak melakukan apapun yang dituduhkan. Tak lama setelah artikel mengenai hal ini dirilis, aku mengingat kembali kehidupanku tahun 90-an. Aku mengingat kembali apa yang terjadi saat usiaku 20 tahunan, tapi aku benar-benar tak melakukannya," tegas Oh Dal Su melalui sebuah pernyataan.

Sementara itu aktor Choi Il Hwa mengaku telah melakukan pelecehan seksual di masa lalu. Aktor yang membintangi 'City Hunter' hingga 'Coffee Prince' tersebut meminta maaf atas apa yang pernah ia lakukan, dan berharap para korban tak lagi menderita.

"Aku dengan tulus meminta maaf. Jika ada kesalahan yang pernah kulakukan, aku mengakuinya dan akan bertanggung jawab atas apa yang kulakukan. Aku minta maaf. Aku berharap korban dari apa yang telah kulakukan tak akan tersakiti lagi. Aku tak ingin ia muncul di depan publik dan menunjukkan diri untuk mengungkap kesalahanku," pungkasnya.


(dal/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed