DetikHot

kpop

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016

Rabu, 07 Des 2016 15:06 WIB  ·   Selly Juniarti Salim - detikHOT
5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016 Foto: dok. detikcom
Jakarta - Tahun 2016 nampaknya menjadi tahun yang agak kelam bagi sejumlah artis Korea Selatan. Kasus pelecehan seksual yang melibatkan sejumlah aktor maupun entertainer negeri ginseng ini datang bertubi-tubi. Siapa saja yang sudah terlibat? Yuk, simak artikel ini.

1. Park Yoochun 'JYJ'

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016Foto: Park Yoochun.

Personel JYJ ini sempat terlibat dalam kasus pelecehan seksual yang cukup rumit pada Juni lalu. Yoochun berkali-kali harus berurusan dengan polisi karena mendapat gugatan bertubi-tubi dari 4 wanita yang mengaku dilecehkan olehnya. Salah satunya pun mengaku dilecehkan di sebuah kamar mandi bar Gangnam, dan salah seorang lainnya mengaku diperkosa di kamar mandi rumah Yoochun.

Berdasarkan gugatan tersebut, disebutkan bahwa seluruh kejadian pemerkosaan ini berlangsung di kamar mandi. Walau akhirnya pelantun 'Back Seat' ini terbebas dari tuduhan-tuduhan itu, polisi kemudian mengumumkan bahwa Yoochun didakwa atas prostitusi dan penipuan. Dakwaan ini dibukti dengan adanya transaksi prostitusi antara Yoochun dengan A (pelapor pertama kasus pelecehan seksual) via pesan singkat. Sementara tiga tuduhan sisanya tidak memiliki bukti yang cukup kuat dan mereka dapat dinyatakan bersalah karena membuat tuduhan palsu.

2. Lee Jin Wook

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016Foto: Istimewa.

Juli lalu, aktor Lee Jin Wook dilaporkan oleh 'A', wanita berusia 30-an tahun yang mengklaim dirinya melakukan pelecehan seksual (15/6/2016). Satu hari setelahnya, Lee Jin Wook melaporkan balik dan menyebut 'A' melakukan fitnah.

Pelapor ini diketahui bekerja sebagai aktris musikal dan keluarganya adalah pemilik sebuah akademi di Hagwon. Pihak 'A' sempat memberikan barang bukti berupa foto tubuh 'A' yang memar, baju sobek dan foto lokasi kejadian. Pemeran drama 'Good Bye Mr. Black' ini kian membantah dan mengaku siap melakukan tes DNA untuk membuktikan dirinya tidak bersalah.

Pada 27 Juli, 'A' kemudian memberikan keterangan terbaru. Ia bersaksi bahwa tidak ada kekerasan ataupun pelecehan seksual dengan Lee Jin Wook. Entah apa motif 'A' menggugat Lee Jin Wook. Syukurlah, nama sang aktor kini bersih dan dinyatakan tidak bersalah.

3. Uhm Tae Woong

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016Foto: Getty Images

Aktor sekaligus suami dari balerina Yoon Hye Jin juga terlibat kasus pelecehan seksual pada bulan Agustus. Pihak Kepolisian saat itu menerima laporan dari seorang wanita berusia 30 tahun. Ia mengklaim dirinya mengalami pelecehan seksual oleh Tae Woong pada Januari 2016, di sebuah panti pijat. Di tengah rumitnya skandal yang menimpa sang aktor, istrinya pun dikabarkan hamil anak kedua. Tak lama kemudian Yoon Hye Jin mengalami keguguran, diduga akibat skandal yang menimpa suaminya.

Pemeran drama 'Wanted' ini sempat dinyatakan bersih oleh pihak kepolisian. Namun, namanya kembali menjadi sorotan karena adanya dugaan pemerasan oleh pihak pelapor yakni Shin si pemilik panti pijat dan Kwon, karyawannya. Kedua pelapor ini mengaku telah memasang kamera tersembunyi di dalam panti pijat dan secara diam-diam merekam adegan seksual yang dilakukan oleh Tae Woong. Polisi belum dapat mengidentifikasi apakah pelaku seksual dalam rekaman itu adalah Uhm Tae Woong, namun proses penyelidikan masih berlanjut hingga kini.

4. Jung Joon Young

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016Foto: Valerie Macon/Getty Images


Sebulan setelah kasus Tae Woong, nama Jung Jun Young muncul di media Korea Selatan yang dituduh terlibat dalam kasus pelecehan seksual. Laporan ini diajukan oleh mantan kekasihnya, mengklaim bahwa sang artis merekam sebuah video seksual tanpa izinnya. Tak lama setelah kasus ini membesar, Jung Joon Young pun buka suara melalui sebuah konferensi pers.

"Itu adalah video yang aku dan mantan kekasihku setujui untuk direkam, tapi aku langsung menghapusnya," ujar pelantun 'Teenager' dalam pers konferensinya.

Mantan pacar Joon Young ini melapor ke polisi pada 6 Agustus 2016, tapi gugatannya dibatalkan beberapa hari kemudian. Jun Young menyebut bahwa mantan pacarnya hanya ketakutan tanpa bermaksud membuat kasus ini menguntungkan dirinya. Setelah meminta maaf kepada publik, Joon Young memutuskan untuk vakum sementara dari dunia hiburan. Sampai saat ini, ia masih berada di Paris untuk menenangkan pikirannya sampai waktu yang belum dapat dipastikan.

5. SNL Korea

5 Kasus Pelecehan Seksual Artis Korea Selatan Sepanjang 2016Foto: Lee Se Young/FnC Entertainment

Kasus pelecehan seksual yang melibatkan sejumlah boyband ternama dengan staf program 'SNL Korea' baru-baru ini terjadi. Sampai saat ini pun pihak kepolisian masih menyelidiki kasus itu. Boyband ternama yang terlibat antara lain yakni B1A4, INFINITE, dan BLOCK B. Berawal dari beredarnya video berisikan anggota boyband tersebut disentuh alat vitalnya saat menjadi bintang tamu 'SNL Korea'. Netizen yang merasa tak terima atas perlakuan tersebut pun melapor ke polisi.

Selain staf acara, komedian Lee Se Young pun juga terlihat menyentuh alat vital para anggota boyband itu. Kaget bukan kepalang, Sunggyu Cs pun melindungi bagian intim mereka dengan kedua tangan. Tak nampak bersalah, para komedian wanita itu justru tertawa. Lee Se Young dan 'SNL Korea' sendiri telah meminta maaf kepada sang boyband. Namun nampaknya, netizen tidak bisa membiarkan kejadian ini lewat begitu saja.

Polisi yang menyelidiki kasus pelecehan ini segera meminta keterangan dari B1A4. Selain B1A4, INFINITE dan BLOCK B juga akan dimintai keterangan sebagai saksi. Jika Lee Se Young terbukti bersalah, ia akan dihukum 10 tahun penjara atau membayar denda sebesar 15 juta won.
(dal/dal)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed