K-Dictionary

Aegyo, Bergaya Imut Ala Idola Korea

- detikHot
Senin, 03 Des 2012 15:24 WIB
Gaya aegyo Sunny SNSD (ist.)
Jakarta - Kata aegyo adalah salah satu kata yang populer di dunia idola KPop. Lekat dengan image maknae atau member termuda di sebuah grup, apa sebenarnya aegyo?

Aegyo adalah berakting atau bergaya imut seperti anak kecil. Tujuannya untuk menarik perhatian lawan jenis. Aegyo tak hanya dilakukan oleh perempuan namun juga oleh para pria.

Caranya bisa bermacam-macam. Dari mengedipkan sebelah mata sambil tersenyum, manyun sambil menunjuk pipi dengan telunjuk, menggembungkan pipi, atau melakukan 'bbuing bbuing' yakni mengepalkan kedua tangan di sebelah pipi.

Contoh yang paling jelas bisa dilihat di video klip. Misalnya video klip 'Gee' SNSD versi Korea di mana para personel SNSD satu per satu tampil di hadapan kamera sambil bergaya imut.

Menurut Simon dan Martina dari eatyourkimchi.com di Korea aegyo memang benar dilakukan para perempuan muda di Korea. Namun caranya tak seekstrem yang ditampilkan di televisi. Dengan kata lain, meskipun menggemaskan aegyo yang ditampilkan para bintang KPop di televisi itu berlebihan.

Aegyo biasanya lekat pula dengan image lugu. Perempuan dengan aegyo biasanya punya image pemalu dan tak banyak bicara. Uniknya, aegyo dianggap sebagai sebuah kemampuan atau skill bagi para idola KPop.

Di acara televisi, para idola KPop itu biasanya diminta menampilkan aegyo. Bahkan di setiap grup ada satu orang yang dianggap 'bertanggung jawab' pada aegyo karena bisa bergaya sangat imut. Bagaimana gaya mereka? Simak di artikel selanjutnya ya!


(ast/mmu)