detikHot

Main Stage

Cerita Psy Sebelum 'Gangnam Style' Mendunia

Kamis, 18 Okt 2012 11:55 WIB - detikHot
Psy (YGE)
Jakarta - Saat ini nama Psy sedang meroket. Ia bahkan hijrah untuk sementara waktu ke Amerika untuk merilis single bersama produser yang juga menangani Justin Bieber dan Carly Rae Jepsen, Scooter Braun. Siapa Psy sebelum ini?

Sesuai dengan lagu yang kini populer di seluruh dunia 'Gangnam Style', Psy lahir di Gangnam, Seoul dengan nama Park Jae Sang, 31 Desember 1977. Psy bersekolah di Banpo Elementary School, Banpo Middle School, dan Eva High School kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Boston dan Berklee College of Music, Amerika. Ia penyanyi sekaligus penulis lagu, rapper, dancer, dan produser rekaman di bawah agensi YG Entertainment.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal Psy lewat 'Gangnam Style'. Padahal 'Gangnam Style' adalah lagu dari album Psy yang keenam. Di album sebelumnya, ia juga sudah dikenal dengan gayanya yang nyentrik dan kontroversial.

Ayah dari dua anak perempuan kembar itu debut pada 2001 dengan album 'PSY...From the Psycho World!' yang membuatnya didenda karena lirik-liriknya yang dianggap tak sopan. Salah satu lagu di album itu bahkan berjudul 'I Love Sex'. Saat itu Psy juga sudah menari dengan gayanya yang khas dan penampilan yang tidak seperti idola lain di dunia KPop.

Album kedua 'Ssa 2' juga tak lepas dari kontroversi. Isi album itu dianggap menjadi pengaruh buruk bagi anak muda dan hanya boleh dijual pada orang berusia di atas 19 tahun. Psy makin populer di album ketiga dengan title track 'Champion' dengan memanfaatkan momen Piala Dunia yang digelar di Seoul.

Setahun setelah debut, Psy langsung meraih penghargaan 'Hip Hop Awards' dari SBS Gayo. Dilanjutkan dengan penghargaan di tahun-tahun berikutnya sebagai Best Lyricist, Songwriter of the Year, Best Male Solo, sampai Best Music Video.

Sampai di sini karier Psy diurus oleh agensi yang dibuatnya sendiri. Namun, lama-kelamaan karena sibuk juga sebagai penyanyi, agensi yang dibentuknya itu menjadi tak terurus dan kesulitan keuangan. Sang istri Yoo Hae Yoon pun membujuk Psy untuk bergabung dengan agensi Yang Hyun Suk yang juga sahabat lama keduanya. Dari situ kariernya meroket sampai ia merilis 'Gangnam Style'.

Video klip 'Gangnam Style' kini sudah ditonton sebanyak 480 juta kali di YouTube dan disukai oleh 4,1 juta pengguna. Psy pun wara-wiri di berbagai program televisi di Amerika hingga Australia.

Di balik suksesnya itu, Psy pernah pula terkena kasus ganja dan menjalani wajib militer hingga 2 kali karena bermasalah. Cerita lengkapnya bisa dibaca di artikel Main Stage KPop selanjutnya hanya di detikHOT!


(ast/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com