Karya-karya Terbaik Mendiang Yoon Jeong Hee

ADVERTISEMENT

Karya-karya Terbaik Mendiang Yoon Jeong Hee

Sayyidatus Syarifah - detikHot
Sabtu, 21 Jan 2023 10:06 WIB
Yoon Jung Hee
Foto: Yoon Jung Hee (dok. ist)
Jakarta -

Berita duka datang dari jagat hiburan Korea Selatan. Aktris senior Yoon Jung Hee meninggal dunia pada 19 Januari 2023 di kediamannya Paris, Prancis, setelah pensiun dari dunia hiburan. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi terkait penyebab meninggalnya Yoon Jung Hee. Namun, sebelum meninggal, diketahui mendiang sedang berjuang melawan penyakit Alzheimer.

Selama berkarier di dunia hiburan, ia tentu memiliki segudang karya terbaiknya dan berhasil mendulang prestasi. Lantas, aja saja karya-karya terbaik mendiang Yoon Jung Hee? Berikut ulasannya.

1. Film Poetry

[Gambas:Youtube]

Film garapan sutradara Lee Chang-dong ini rilis pada 13 Mei 2010. Poetry merupakan film comebacknya Yoon Jung Hee setelah membintangi film terakhirnya berjudul Mamubang di tahun 1994. Film Poetry bercerita tentang seorang wanita di sebuah kota pinggiran pada tahun 60-an yang mulai mengembangkan minatnya dalam puisi saat berjuang melawan penyakit Alzheimer dan memiliki cucu yang tak bertanggung jawab.

Dalam film ini, Yoon Jung Hee berperan sebagai Yang Mi-Ja. Selain Yoon Jung Hee, Poetry juga dibintangi oleh Lee David, Kim Hee-ra, Ahn Nae-sang, dan Kim Yong-taek. Kesuksesan film ini berhasil membawanya untuk meraih beberapa penghargaan, seperti Lee Chang-dong memenangkan penghargaan skenario terbaik di Festival Film Cannes, Yoon Jung Hee memenangkan aktris terbaik di Blue Dragon Awards, dan Film Terbaik di Grand Bell Awards ke-47. Poetry juga sukses meraup mendapatan kotor dengan total lebih dari 2,2 juta dollar.

2. Film The Three-Day Reign

The Three-Day Reign juga salah satu karya terbaik dari mendinag Yoon Jung Hee. Disutradarai oleh Shin Sang Ok, film ini rilis pada 15 Februari 1973. Film ini mengikuti kisah selama hari-hari terakhir Dinasti Yi, di mana terdapat konflik antara kaum yang menjunjung nilai-nilai tradisional yang condong ke Tiongkok dengan para reformis yang berhaluan Barat dan Jepang tentang bagaimana memerintah Korea di masa depan.

The Three-Day Reign termasuk film yang cukup laris pada masanya dan berhasil meraih penghargaan Film Terbaik di Blue Dragon Film Awards. Dalam film ini, Yoon Jung Hee berperan sebagai istri dari Kim Ok-Gyun (Shin Young-kyun). Aktor-aktor lainnya yang juga membintangi The Three-Day Reign antara lain Shin Young-kyun, Shin Sung-il, Hwang Hae, Do Kum-bong, dan masih banyak lagi.

3. Film Oyster Village (Seokhwachon)

Film Yoon Jung Hee yang satu ini digarap oleh Jung Jin Woo dan rilis pada 22 Maret 1972. Oyster Village mengangkat kisah penduduk di sebuah desa pulau yang hidup dari memancing tiram, penduduk desa tersebut percaya bahwa jiwa orang yang sudah mati karena tenggelam di laut tidak bisa pergi ke surga sampai orang lain meninggal. Tenggelamnya seorang nelayan menyebabkan serangkaian peristiwa tragis.

Film ini sukses meraih penghargaan film terbaik di Blue Dragon Film Awards dan dinominasikan untuk Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin ke-22. Selain Yoon Jung Hee, Oyster Village juga dibintangi oleh Kim Hee-ra, Yoon Il-bong, Yoon In Ja, dan Kim Sin-jae. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya novelis terkemuka Korea Selatan, Lee Cheong-jun.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT