6 Hal Seputar The Book of Fish, Diganjar Film Terbaik Korea 2021

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 11 Nov 2021 14:37 WIB
The Book of Fish
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Penulis:

Ikhtisar:
Penanda: film korea, the book of fish

Foto cover:

Ajang penghargaan Korean Association of Film Critics Awards 2021 telah digelar di KG Tower Harmony yang digelar pada Rabu (10/11/2021). Sederet kategori pun telah mendapatkan para pemenangnya.

Gelaran KAFC kali ini di dominasi oleh film The Book of Fish yang raih berbagai piala penghargaan. Salah satunya adalah memenangkan kategori Film Terbaik di acara tersebut.

Telah tayang sejak 31 Maret 2021, berikut ini sederet fakta tentang film The Book of Fish. Yuk, simak!

1. Berdasarkan Kisah Nyata

The Book of Fish diangkat dari kisah nyata Jung Yak Jeon dan Jang Chang Dae. Alur cerita film ini berasal dari buku bertajukk Jasaneobo yang merupakan karya Jung Yak Jeon.

2. Film Sejarah Tentang Seorang Cendikiawan di Era Joseon

Film bertema sejarah ini berlatar era Joseon pada tahun 1801 yang berkisah tentang Jung Yak Jeon (Sol Kyung Gu), seorang cendikiawan yang diasingkan ke Pulau Heuksando selama Penganiayaan Katolik tahun 1801 di masa pemerintahan Raja Sunjo dari Joseon.

Di sana, dia menulis ensiklopedia pishine berjudul Jasaneobo. Dalam film, ada karakter fiksi bernama Chang-dae (Byun Yo-han), seorang nelayan muda, konservatif dan bersemangat untuk belajar diperkenalkan.

3. Film Hitam Putih yang Kembali Tayang di Korea Selatan

Berbeda dengan film kebanyakan, The Book of Fish ditayangkan dengan warna hitam putih. Sebelum film tersebut, sudah ada beberapa film Korea yang dibuat dalam versi hitam putih, seperti Parasite dan A Ristance.

4. Dibintangi Sederet Aktor Populer

Film ini melibatkan sederet aktor populer yang kualitas aktingnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk posisi pemeran utama diperankan oleh Sol Kyung Gu dan Byun Yo Han.

Sedangkan, untuk pemeran pendukung dibintangi oleh Lee Jung Eun, Min Do Hee, Kang Ki Young, dan Kim Jung Seok.

5. Film Digarap Oleh Lee Joon Ik

The Book of Fish sendiri diarahkan langsung oleh sutradara Lee Joon Ik yang dikenal telah memproduksi berbagai film populer, seperti Hope, The Throne, Anarchist from Colony, dan Sunset in My Hometown. Film ini juga menjadi ajang reuni bagi Joon Ik dan Sol Kyung Gu yang sebelumnya pernah terlibat proyek film yang sama bertajuk Hope.

6. Borong Berbagai Penghargaan di Korean Association of Film Critics Awards 2021

Selain memenangkan kategori Film Terbaik di Korean Association of Film Critics Awards, ada beberapa nominasi lain yang berhasil diraih. Nominasi yang dimenangkan antara lain, Aktor Terbaik oleh Sol Kyung Gu, Skenario Terbaik oleh Kim Se Gyeom, dan Pengahargaan FIPRESCI diraih oleh Lee Joon Ik.



Simak Video "Rumah Jadul Riri Riza Disulap Jadi Tempat Kesenian di Makassar "
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)