Selain Minari, Ini 5 Film Terbaik Youn Yuh Jung Peraih BAFTA 2021

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 12 Apr 2021 12:21 WIB
Film yang Dibintangi Youn Yuh Jung
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Aktris senior, Youn Yuh Jung kembali membawa nama Korea bangga. Perannya sebagai Soonja di film Minari, menghantarkan dirinya meraih kemenangan di ajang penghargaan British Academy Film Award ke-74, Minggu (11/04/2021), untuk kategori Best Supporting Actress, mengalahkan Kosar Ali, Ashley Madekwe, Niamh Algar, Maria Bakalova dan Dominique Fish Back.

Ini merupakan pencapaian terbesar Youn Yuh Jung sebagai aktris, selama kurang lebih 40 tahun mewarnai industri Film Korea. Selain Minari, berikut deretan film yang juga pernah dibintangi olehnya:

1. The Housemaid (2010)

Film yang Dibintangi Youn Yuh JungFilm yang Dibintangi Youn Yuh Jung Foto: (dok. ist)

Aktris kelahiran 1947 ini, pernah mengambil bagian di film kontroversial, The Housemaid. Yuh Jung didapuk untuk memerankan karakter Byeong Sik, asisten yang bekerja di rumah Hoon dan Hae Ra. Kisahnya menyoroti tentang perselingkuhan yang dilakukan Hoon dengan asisten rumah tangganya, Eun Yi.

Lewat The Housemaid, Yoon Yuh Jung berhasil meraih kemenangan sebagai Best Supporting Actress dan Best Actress di 8 ajang penghargaan berbeda.

2. The Taste of Money (2012)

Film yang Dibintangi Youn Yuh JungFilm yang Dibintangi Youn Yuh Jung Foto: (dok. ist)

Youn Yuh Jung pernah didapuk menjadi aktris wanita utama di film The Taste of Money. Dia berperan sebagai Baek Geum Ok, istri dari CEO Yoon. The Taste of Money mengangkat kisah perselingkuhan yang dilakukan suami Baek Geum Ok, CEO Yoon. Tapi CEO Yoon berdalih bahwa semua yang ia lakukan adalah atas dasar cintanya pada Eva.

Berkat perannnya yang ikonik di The Taste of Money, berhasil menghantarkan Youn Yuh Jung masuk kategori Best Supporting Actress di 2012 Buil Film Awards.

3. Boomerang Family (2013)

Film yang Dibintangi Youn Yuh JungFilm yang Dibintangi Youn Yuh Jung Foto: (dok. ist)

Peraih Best Supporting Actress di Critic's Choice Film Award ini, pernah menjadi lawan main Park Hae Il di Boomerang Family. Yuh Jung dipercaya untuk berperan sebagai ibu dari tiga orang anak. Kisahnya menyoroti tentang kehidupan Oh In Mo, Oh Han Mo dan Oh Mi Yeon yang diceritakan punya masalah kehidupannya masing-masing.

Tapi permasalahan itu bisa terselesaikan, saat mereka menghabiskan waktu bersama di rumah sang ibu.

4. Canola (2016)

Film yang Dibintangi Youn Yuh JungFilm yang Dibintangi Youn Yuh Jung Foto: (dok. ist)

Di tahun 2016, Youn Yuh Jung kembali bermain di film family melodrama, berjudul Canola. Kali ini, dia digaet untuk menghidupkan karakter utama, Gye Choon, nenek dari Hye Ji yang diperankan oleh Kim Go Eun.

Canola bercerita tentang Gye Choon, yang membesarkan cucunya seorang diri, Hye Ji. Suatu saat, Gye Choon kehilangan Hye Ji saat mereka di pasar. Semua usaha yang dilakukan Gye Choon berakhir sia-sia, saat dia tidak berhasil menemukan sang cucu.

Sampai akhirnya, Gye Choon bertemu kembali dengan Hye Ji, setelah 12 tahun. Walaupun dia senang bertemu degan cucunya, tapi dia tidak ingin membebaninya. Agar Hye Ji bahagia, Gye Choon pun menitipkan cucunya itu ke Guru Chung Seob.

5. Lucky Chansil (2019)

Film yang Dibintangi Youn Yuh JungFilm yang Dibintangi Youn Yuh Jung Foto: (dok. ist)

Lucky Chansil bercerita tentang kehidupan Chansil, produser film yang menganggur setelah film yang sedang digarap bersama temannya, harus berhenti ditengah jalan karena temannya yang meninggal secara mendadak. Karena kesialan yang kerap menghampiri Chan Sil, membuat dia memutuskan untuk berhenti total menjadi produser dan beralih menjadi pengurus rumah seorang aktris.

Di Lucky Chansil, Youn Yuh Jung bermain sebagai nenek yang buta huruf. Lewat perannya di film ini, berhasil menghantarkan Yuh Jung sebagai Best Supporting Actress di Korean Film Producers Association tahun 2020.



Simak Video "Pertemuan Lucu Yuh-Jung Youn dan Brad Pitt di Panggung Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)