Deretan Profesi Unik yang Pernah Tampil di Drama Korea

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 07 Apr 2022 19:36 WIB
4 Fakta Kuliner Kim Seon Ho, Ingin Cicip Nasi Goreng Indonesia
(Foto: Instagram Kim Seon Ho) Deretan Profesi Unik yang Pernah Tampil di Drama Korea
Jakarta -

Drama Korea tidak pernah absen menampilkan profesi yang sudah awam di kuping masyarakat. Polisi hingga pengacara adalah dua profesi yang nyaris tidak pernah absen dalam setiap judul drama Korea. Tapi di luar itu, ada pula sederet profesi yang terbilang unik untuk diberikan kepada sang pemeran utama.

Berikut ini beberapa pekerjaan yang tak banyak tampil di drama Korea, namun cukup berkesan saat dihidupkan ke layar:

1. Membereskan rumah orang meninggal (Move to Heaven)

Move to HeavenMove to Heaven Foto: Dok. Netflix

Di Move to Heaven, ayah Geu Ru (diperankan Tang Joon Sang) membuat sebuah bisnis pribadi yang tugasnya membereskan tempat tinggal orang yang sudah meninggal. Ketika ayahnya meninggal, Geu Ru yang mengidap sindrom Asperger diharuskan mengurus perusahaan bersama pamannya, Sang Gu (diperankan Lee Je Hoon), yang baru keluar dari penjara. Profesi ini sangat jarang terlihat di drama Korea dan Move to Heaven menjadikannya premis utama dalam cerita.

2. Pemain baduk (Reply 1988)

Reply 1988Reply 1988 Foto: dok. tvN

Baduk atau dikenal juga dengan nama weiqi/igo, merupakan permainan papan strategis antara dua orang. Permainan ini besar di Tiongkok dan merupakan salah satu permainan papan kuno. Seperti catur, pemain memindahkan batu hitam/putih (tergantung pilihan pemain) dan mencoba mengontrol sebanyak mungkin ruang di papan.

Karakter Park Bo Gum di drama Korea Reply 1988 merupakan seorang pemain baduk profesional. Bisa dibilang ini merupakan pertama kalinya pemain baduk jadi pemeran utama drama Korea populer.

3. Pengrajin besi (Flower of Evil)

Lee Joon Gi dalam drama Korea Flower of EvilLee Joon Gi dalam drama Korea Flower of Evil Foto: Dok. tvN

Di Flower of Evil, karakter Lee Joon Gi menyembunyikan identitasnya dengan menjadi seorang pengrajin besi. Dia punya galeri di rumah yang dilengkapi dengan ruang bawah tanah. Di episode-episode awal, galeri ini jadi sebuah tempat krusial buat perjalanan cerita.

4. Hong Banjang si serba bisa (Hometown Cha-Cha-Cha)

Kim Seon HoKim Seon Ho Foto: dok. Instagram seonho__kim

Karakter Hong Banjang atau Hong Du Sik yang diperankan Kim Seon Ho tidak hanya punya satu pekerjaan. Meski menganggur dan tidak ada pekerjaan tetap, dia memilih untuk jadi pria serba bisa yang melakukan banyak pekerjaan, mulai dari tukang renovasi rumah hingga kurir. Intinya, Hong Banjang bisa melakukan apa saja untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

5. Penyelamat Wanita Tuna Susila (Extracurricular)

Di drama Korea Extracurricular, sebuah pekerjaan yang tabu ditampilkan. Kim Dong Hee memerankan Oh Ji soo yang punya kerjaan sampingan sebagai seorang penghubung antara WTS dan seorang penyelamat bernama Lee Wang Chul yang diperankan Choi Min Soo. Ketika hal-hal buruk terjadi pada para WTS, Ji Soo akan sigap menghubungi Wang Chul untuk menyelamatkan mereka.

ExtracurricularExtracurricular Foto: Extracurricular (dok. Netflix)

Di setiap judul drama Korea, kita bisa berharap akan dihadirkan sebuah profesi unik lain. Mungkin ke depannya bisa jadi drama Korea akan menampilkan seorang karakter dengan pekerjaan pakar SEO (search engine optimization). Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi telah banyak diangkat, namun pakar SEO sepertinya masih jarang. Padahal bisa dikatakan ini merupakan sebuah jalur karier yang menjanjikan.

Marsuki misalnya, seorang pakar SEO yang telah memberikannya pundi-pundi Rupiah bahkan di tengah kondisi pandemi. Kesukaan Marsuki di dunia tulis menulis dan internet menjadikan Master Komputer itu menggeluti seluk-beluk SEO dan internet, hingga kini jadi pakar SEO dan buka usaha sendiri.

Sebagai seorang pakar SEO, klien Marsuki adalah mereka yang ingin menjadikan situs miliknya nomor satu di mesin pencarian seperti Google. Dia juga pernah menciptakan beberapa situs yang selalu mejeng di halaman pertama Google sebagai bukti kepiawaiannya dalam membangun situs dan juara di mesin pencarian.

Lewat pekerjaan ini, Marsuki bisa menghasilkan sekitar Rp 5 juta per hari hingga Rp 150 juta per bulan. Lantaran tidak pernah keluar rumah, dia pun sempat jadi bahan gunjingan tetangga karena bisa mendapat uang banyak. Namun, dia tidak ambil pusing lantaran dari pekerjaan itu dia bisa menghidupi dirinya dan buka usaha.

Pakar SEO MarsukiPakar SEO Marsuki Foto: dok. Istimewa

"Ya maklum sih (digunjing) karena mungkin mereka tidak mengerti pekerjaan ini jadi mereka mengira saya berpenghasilan besar dari bisnis tidak jelas," katanya ketika diwawancara.

Dari pekerjaannya ini, Marsuki pernah menjadi spesialis SEO salah satu perusahan di Thailand, membuka usaha layangan web hosting, jasa backlink SEO, alat broadcast WhatsApp, alat penulis artikel otomatis, downloader software, hingga jasa programmer.

Pasti seru deh melihat sosok seperti Marsuki dijadikan karakter drama Korea. Seorang pria yang terlihat biasa-biasa saja, tapi bisa banyak uang dan dikira pesugihan oleh tetangganya. Pasti lucu pria itu diperankan oleh Nam Joo Hyuk.

(aay/mau)