Alasan Sutradara Pakai Lagu Fly Me To The Moon di Squid Game

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 20 Des 2021 17:03 WIB
Teori Squid Game Season 2
(Foto: dok. Netflix) Rupanya lagu Fly Me To The Moon dipilih karena sang sutradara punya pengalaman pribadi dengan lagu tersebut saat menulis Squid Game. Begini ceritanya.
Jakarta -

Meski banyak musik yang diputar sepanjang season 1 Squid Game, lagu Fly Me To The Moon adalah yang paling ikonik. Lagu ini diputar di momen menegangkan dan berdarah-darah saat permainan Lampu Merah, Lampu Hijau.

Fly Me To The Moon selalu diputar di ruangan Front Man, berbarengan dengan shot musical figure dari sebuah band jazz dan penyanyi perempuan yang jadi hiasan ruangan. Berkat Squid Game, lagu ini berubah dari lagu kasmaran menjadi lagu seram dan menegangkan.

Rupanya ada cerita di balik pemilihan lagu yang pertama kali dinyanyikan oleh Kaye Ballard dan kemudian dipopulerkan oleh Frank Sinatra di tahun 1964 itu. Sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk, punya pengalaman unik dengan lagu ini saat menulis naskah serial terlaris Netflix tersebut.

Dalam wawancara dengan Vanity Fair, Hwang Dong Hyuk berkisah soal dirinya yang pernah menyewa sebuah kamar kecil di atas pom bensin di tahun 2009. Itu adalah pertama kalinya dia menuliskan cerita Squid Game dan lagu Fly Me To The Moon kerap diputar oleh induk semang kamar tersebut.

"Saat pertama aku menulis naskah Squid Game di 2009, aku menyewa kamar kecil di atas sebuah pom bensin. Ketika menulis (adegan Front Man menyaksikan permainan Lampu Merah, Lampu Hijau di layar), di kamar itu ada music figure milik sang induk semang dan dia memainkan lagu Fly Me To The Moon. Jadi ketika aku menulis, aku mendengarkan lagu itu berulang-ulang," katanya.

"Lalu aku berpikir, kenapa nggak aku memasukkan lagu ini di adegan yang sedang kutulis?" lanjut Hwang Dong Hyuk.

Lee Jung Jae mengomentari keputusan sang sutradara. Menurutnya, keputusan untuk memasukkan lagu Fly Me To The Moon ke adegan itu sangat baik karena menambah kesan mengerikan dari adegannya.

Di Squid Game, lagu Fly Me To The Moon yang diperdengarkan merupakan hasil aransemen ulang dari Jung dan dinyanyikan oleh Joo Won Shin. Dalam wawancara berbeda, sang penyanyi menyebutkan bahwa Hwang Dong Hyuk punya visi lewat aransemen baru ini, yaitu memberikan kontras antara adegan brutal dengan lagu yang romantis dan melodik.

Setelah sukses menjadi tayangan yang telah disaksikan di 94 negara, Squid Game akan dilanjutkan ke season 2. Menurut sang sutradara, kehadiran season 2 merupakan sesuatu yang tidak bisa tidak dilakukan karena kesuksesan season pertamanya.

"Saya hampir merasa bahwa Anda tidak memberi pilihan lain bagi kami," buka Hwang Dong Hyuk di karpet merah penayangan spesial Squid Game di Los Angeles, Senin (8/11) malam waktu setempat, seperti dikutip AP News.

"Ada begitu banyak tekanan, begitu banyak permintaan, dan begitu banyak cinta untuk season kedua," tambahnya.

(aay/mau)