Gegara Plot hingga Adegan Kurang Pantas, 6 Drakor Ini Dikecam

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 16 Des 2021 15:16 WIB
Joseon Exorcist, park-sung-hoon
Foto: dok SBS
Jakarta -

Setiap drama Korea pasti ada yang mendapat pujian dan menuai kecaman oleh para netizen. Drama Korea yang hingga kini masih mendapat kritikan dari para netizen adalah Snowdrop yang sebentar lagi akan resmi tayang.

Tidak hanya Snowdrop, ada beberapa serial drama lain yang juga mendapat kritikan dari para netizen. Apa saja dramanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Joseon Exorcist

[Gambas:Youtube]

Drama berlatar sejarah ini sempat tayang pada 22 Maret 2021 dan hanya menayangkan dua episode saja. Joseon Exorcist menuai kritikan dari netizen karena alur cerita yang dianggap menyimpang dari sejarah.

Tidak hanya itu, berbagai properti seperti pakaian dan makanan yang ditampilkan juga menggunakan gaya Tiongkok. Akhirnya, drama tersebut berhenti tayang di episode kedua dan para aktor, sutradara, dan penulis meminta maaf.

2. Racket Boys

[Gambas:Youtube]

Bertema olahraga bulu tangkis, drama Racket Boys juga pernah mendapat kritik dari netizen Indonesia. Hal ini karena ada sejumlah adegan di episode lima yang dinilai menggambarkan Indonesia dengan citra yang buruk saat menjadi tuan rumah pertandingan.

Instagram SBS pun banjir komentar hujatan dan mengecam drama tersebut. Pihak SBS pun meminta maaf atas dan tidak bermaksud untuk merendahkan pemain atau penonton tertentu. Meski begitu, netizen Indonesia masih kecewa dengan cara SBS meminta maaf hanya melalui kolom komentar.

3. Oh My Ladylord

[Gambas:Youtube]

Oh My Ladylord yang dibintangi Lee Min Ki dan Nana juga tuai kecaman saat baru menayangkan episode perdananya. Di episode tersebut menampilkan adegan Lee Min Ki yang sedang mandi dalam kondisi telanjang dan area privat yang hanya ditutup dengan emoji buah persik.

Netizen pun mengeluhkan sorotan adegan tersebut dan pemberian rating yang 15+ di episode itu. Pihak MBC pun meminta maaf dan menghapus adegan tersebut.

4. Young Lady and Gentleman

[Gambas:Youtube]

Drama yang baru tayang pada akhir September lalu ini juga banyak mendapat kecaman dari netizen Korea. Hal ini karena drama tersebut menceritakan kisah cinta antara pria berusia 40-an dengan wanita berusia 20-an.

Selain itu, drama ini menampilkan adegan saat pemeran utama tersebut bertemu di umur sang wanita yang masih 13 tahun dan pria berusia 27 tahun. Banyak netizen Korea yang merasa perbedaan usia yang cukup jauh ini akan membawa pengaruh negative pada penonton.

Penonton juga menduga bahwa alur certia sedikit mengarah pada fenomena pedofilia. Meski begitu, drama ini masih tetap tayang dan raih rating hingga lebih dari 30 persen.

5. Melancholia

[Gambas:Youtube]

Dibintangi Lee Do Hyun dan Im Soo Jung, Melancholia mendapat kritik dari netizen sebelum tayang. Banyak netizen yang memperdebatkan drama ini karena mengusung kisah percintaan antara siswa dengan guru matematika yang dinilai tidak pantas.

Selain itu, perbedaan usia 16 tahun di antara Do Hyun dan Soo Jung membuat chemistry di antara mereka kurang terpancar. Drama ini pun hanya meriah rating tertinggi 3.6 persen di episode pertama.

6. Snowdrop

[Gambas:Youtube]

Snowdrop akan segera menayangkan episode perdananya pada 18 Desember nanti. Akan tetapi, drama ini masih saja mendapat kecaman dari para netizen.

Baru-baru ini, fanbase Jisoo asal Vietnam memasang iklan digital di stasiun kereta bawah tanah di Seoul untuk mempromosikan drama yang dibintangi idolanya tersebut. Akan tetapi, netizen Korea masih mengecam drama Snowdrop dan mengajukan gugatan agar iklan tersebut dihapus.

Snowdrop dikritik karena mengangkat sejarah pada 1980-an dan nama karakter Jisoo yang semula Young Cho disebut merupakan tokoh penting dalam sejarah tersebut. Pihak JTBC pun telah mengonfirmasi bahwa alur cerita tidak aka nada kaitannya dengan sejarah pada tahun tersebut dan nama karakter yang diperankan Jisoo pun telah diganti.



Simak Video "K-Talk Ep 74: Efek Domino Kontroversi Drakor 'Joseon Exorcist'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)