Sekolah Ini Larang Murid Pakai Kostum Squid Game Buat Halloween

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 29 Okt 2021 20:42 WIB
Belasan pink soldier ala Squid Game muncul dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham Jatim. Bukan untuk ikut seleksi, tapi mereka mengawal para peserta di sela-sela tes Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian.
Foto: Istimewa (dok.Kemenkumham Jatim) Ada kekhawatiran dari pihak sekolah bahwa anak-anak bisa saja meniru adegan berbahaya dari serial Squid Game.
Jakarta -

Squid Game sedang ada di mana-mana dan sudah bisa dipastikan bahwa Halloween tahun ini gaya para karakter dari serial Netflix itu bakal jadi kostum paling banyak digunakan. Tapi sebuah sekolah di New York, Amerika Serikat, melarang murid-muridnya buat menggunakan kostum Squid Game.

Dikutip dari Collider, Fayetteville-Manlius School District di kawasan Syracuse, New York, sudah mengeluarkan peringatan buat para orang tua murid. Mereka diimbau untuk memantau kostum yang akan digunakan oleh anak-anaknya di Halloween tahun ini.

Ada kekhawatiran dari pihak sekolah bahwa anak-anak bisa saja meniru adegan berbahaya dari serial Squid Game. Seperti diketahui dalam Squid Game, mereka melakukan permainan anak-anak, namun permainan itu berakhir tragis dan sadis.

"Staf sekolah belum lama melihat murid-murid meniru permainan Squid Game di waktu istirahat. Karena aktivitas ini, kami ingin memastikan keluarga mereka tahu bahwa penggunaan kostum Halloween dari Squid Game dilarang karena adanya potensi kekerasan yang mungkin terjadi," kata pihak sekolah dalam sebuah pernyataan.

SEOUL, SOUTH KOREA - OCTOBER 26: Younghee, the giant robot doll from SEOUL, SOUTH KOREA - OCTOBER 26: Younghee, the giant robot doll from "Squid Game", is exhibited at the Olympic Park on October 26, 2021, in Seoul, South Korea. Netflix have installed a replica of the giant robot doll that appears in the first episode of their worldwide hit "Squid Game" at the Olympic Park in Seoul. (Photo by Chung Sung-Jun/Getty Images) Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun

Pengumuman dan pernyataan serupa sebelumnya juga sudah digaungkan di berbagai sekolah di Amerika Serikat. Salah satunya adalah Bay District School di Panama City, Florida, yang sudah mengeluarkan larangan untuk meniru segala sesuatu dari Squid Game.

Tentu saja di kawasan lain di mana kostum Squid Game tidak dilarang, orang-orang akan menggunakannya sebagai kostum Halloween tahun ini. Hal ini tentu saja sebagai efek dari popularitas serial tersebut di seluruh dunia. Squid Game bahkan jadi serial Netflix dengan penghasilan paling tinggi sepanjang sejarah.

Deadline melaporkan, kostum Squid Game tahun ini jadi kostum Halloween yang paling populer di Instagram. Lebih dari dua ribu tagar tampak menampilkan kostum Squid Game sebagai pilihan merayakan Halloween dan setiap hari terus bertambah.

Soal banyaknya anak-anak yang meniru Squid Game, Netflix menegaskan bahwa acara ini sudah diberi rating buat dewasa. Sehingga seharusnya memang ada campur tangan orang tua untuk mengontrol tindakan anak-anak mereka.

(aay/mau)