Kasus Kriminal hingga Cinta Terlarang, Ini 5 Drakor Adaptasi Kisah Nyata

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 21:26 WIB
Drakor On Going April 2021 Bertema Psikopat, Mouse
Foto: dok tvN
Jakarta -

Biasanya drama Korea dikemas dalam berbagai genre, seperti thriller, aksi, rom-com, dan masih banyak lagi. Alur cerita yang diangkat juga hal-hal fiksi yang memancing imajinasi para penonton.

Akan tetapi, ada juga, lo, drakor yang terinspirasi dari kisah nyata, seperti kasus kejahatan yang fenomenal hingga peristiwa bersejarah. Berikut sederet drama Korea yang mengangkat dari kisah nyata. Yuk, simak!

1. Mouse

Drama Korea MouseDrama Korea Mouse Foto: dok. tvN

Siapa, sih, yang tidak tahu drama yang sukses membuat penonton bengong dengan berbagai plot twist-nya? Yap, Mouse. Drama psikopat ini ternyata mengangkat dari sebuah kisah nyata, lo!

Menurut pengakuan sang penulis naskah, Choi Ran dalam sebuah wawancara, dia terinspirasi dari kasus pembunuhan Sekolah Dasar Incheon pada 2017. Pernyataan sang pembunuh saat di persidangan membuat warga seluruh Korea emosi. Hal ini lah yang membuat Choi Ran tidak tahan ingin menggarap drama tersebut dan ingin membuat para psikopat memahami dosa yang telah diperbuatnya.

2. Taxi Driver

Taxi DriverTaxi Driver Foto: dok OCN

Drama tentang taksi mewah yang memberikan jasa balas dendam ini selalu meraih rating tinggi dari awal episode hingga sekarang. Kesuksesan drama ini juga tidak terlepas dari alur cerita yang diangkat dari kisah nyata.

Beberapa kasus kejahatan di Korea, seperti kasus penganiayaan karyawan oleh CEO WeDisk, Yang Jin Ho, pedofil Cho Do Soon, psikopat Jeong Nam Gyu, dan penganiayaan karyawan oleh Tuan Hong. Tidak hanya alur cerita yang dibuat sama persis, bahkan para pemeran pelaku kejahatannya pun sangat mirip dengan aslinya.

3. The Hymn of Death

The Hymn of DeathThe Hymn of Death Foto: (dok. ist)

Drama berisikan 6 episode ini juga adaptasi dari kisah nyata seputar hubungan cinta seorang penulis skenario drama dan penyanyi soprano sekaligus penulis lagu Hymn of Death yang terlarang. Sebelumnya, pada 1920 kisah cinta terlarang tersebut sudah diangkat menjadi sebuah film.

Cinta terlarang ini berawal dari pertemuan Woo Jin (Lee Jong Suk) dan Sim Deok (Shin Hye Sun) di sebuah teater dan mulai jatuh cinta. Padahal, Woo Jin sudah menikah dengan perempuan yang dipilih oleh ayahnya. Kisah percintaan keduanya pun berakhir tragis.

4. Signal

Drama Korea SignalDrama Korea Signal Foto: dok.tvN

Kamu tahu kasus pembunuhan berantai dengan jumlah korban yang sangat banyak pada 1986-1991 di Hwaseong, Geyonggo? Nah, kisah kasus kriminal yang sangat populer di Korea ini sempat diangkat oleh serial drama Signal.

Drama tersebut berkisah tentang kerja sama antara detektif masa sekarang dan detektif masa lalu untuk mengungkap kasus kejahatan yang belum terselesaikan. Mereka menggunakan alat komunikasi walkie talkie supaya tidak diketahui oleh pembunuh tersebut.

5. The Nokdu Flower

The Nokdu FlowerThe Nokdu Flower Foto: (dok. ist)

Drama sageuk bertajuk The Nokdu Flower juga adaptasi dari kisah nyata tentang revolusi para petani Donghak di akhir adab ke-19 yang memberontak kepada pemerintahan Korea. Bahkan, alur cerita dalam drama tersebut hampir sama persis dengan cerita aslinya, kecuali karakter tiga pemeran utama yang memang fiksi.

The Nokdu Flower dibintangi oleh Jo Jung Suk, Yoon Shi Yoon, dan Han Ye Ri.



Simak Video "Bintang Drama Mouse, Cheon Jeong Ha Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)