Hot Top 10

10 Drama Korea Ter-Hot

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 31 Des 2020 10:31 WIB
Drama Korea Ter-Hot 2020
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

2020 ini mungkin jadi tahun terbaik buat popularitas drama Korea di Indonesia. Pandemi Corona bikin banyak orang harus work from home dan menghabiskan waktu di rumah saja. Tayangan-tayangan di platform streaming pun laris manis tak terkecuali drama Korea.

Mereka yang sudah suka drama Korea sejak lama setia menanti judul-judul baru buat menemani hari-hari di rumah. Namun tak sedikit pula orang-orang yang mulai menikmati drama Korea sejak masa karantina mandiri pandemi Corona dilakukan.

Drama Korea yang populer beberapa tahun lalu seperti serial Reply 1988 kembali jadi obrolan. Deretan selebritas Indonesia seperti Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo pun mengaku turut menyaksikan dan menikmati drama Korea yang diperankan Park Bo Gum, Hyeri, dan Ryu Jun Yeol tersebut.

Amanda Manopo sampai berurai air mata menyaksikan Hi, Bye Mama! yang diperankan Kim Tae Hee seperti unggahannya pada salah satu Instagram Story beberapa waktu lalu. Dalam sesi Instagram Live bersama detikcom, Laura Basuki memilih mengikuti kisah Lee Min Ho dan Kim Go Eun di The King: Eternal Monarch sementara Reza Rahadian tidak ketinggalan menyaksikan The World of The Married.

Sejak Januari hingga Desember 2020, sederet judul drama Korea hadir menemani swakarantina masyarakat Indonesia. Berbagai genre ditampilkan mulai dari kisah cinta berbalut komedi, perselingkungan, zombie dan makhluk astral, muncikari SMA, pertukaran identitas, percintaan dua dunia, hingga kisah perusahaan rintisan.

detikcom merangkum judul-judul drama Korea yang paling banyak dibahas oleh netizen Indonesia selama 2020. Sudah nonton?

1. Start-Up

Bae Suzy Start UpPemeran drama Start-Up Foto: Instagram @skuukzky

Diperankan oleh Suzy dan Nam Joo Hyuk, namun siapa sangka sosok Kim Seon Ho justru yang amat mencuri perhatian di Start-Up. Digawangi oleh Oh Choong Hwan yang sebelumnya sukses dengan Hotel Del Luna, Start-Up menampilkan kisah anak-anak muda yang mengejar mimpi lewat perusahaan rintisan (startup).

Sepanjang Oktober hingga awal Desember 2020 ini, Team Do San dan Team Ji Pyeong menggema di linimasa media sosial. Banyak yang puas dengan ending-nya, tak sedikit pula yang harus gigit jari dan kesal. Well, namanya juga drama Korea.

2. Crash Landing On You

crash landing on you adegan romantisCrash Landing on You Foto: Dok. tvN

Hyun Bin dan Son Ye Jin disatukan lagi dalam sebuah produksi yang sama. Mengangkat kisah fantasi yang menyatukan seorang tentara Korea Utara dengan perempuan kaya raya asal Korea Selatan yang tanpa sengaja mendarat di pelukan sang tentara dalam sebuah insiden tertiup angin topan.

Crash Landing On You juga menampilkan Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun sebagai pemeran pendukung. Dua karakter yang tidak kalah penting dan tidak kalah disukai dari drama ini. Deretan cameo dan juga soundtrack-nya pun ramai disukai.

3. The World of The Married

The World of The MarriedThe World of The Married Foto: istimewa

Hasil adaptasi dari serial BBC ini masuk jadi salah satu drama Korea yang paling banyak di-tweet pengguna Twitter sepanjang 2020 menurut data Twitter Indonesia. Semua orang terbius oleh kisah perselingkuhan yang ditampilkan dalam The World of The Married.

Kim Hee Ae membawa pulang piala Best Actress dan Daesang (penghargaan utama) di 56th Baeksang Arts Awards buat perannya dalam The World of The Married. Begitu pula dengan sutradara Mo Wan Il yang sukses mengaduk-aduk emosi penonton diganjar Best Director di ajang yang sama.

Han So Hee pun mulai dilirik sebagai aktris pendatang baru yang cemerlang. Meski sayangnya penonton Indonesia terlalu terbawa drama sampai menghujani kolom komentar Instagram-nya dengan caci maki karena perannya sebagai pelakor di drama ini.