detikHot

kdrama

SF8, Drama Korea Futuristik ala Black Mirror Netflix Tayang Agustus 2020

Selasa, 14 Jul 2020 07:00 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
SF8 Foto: dok. MBC
Jakarta -

Delapan sutradara Korea Selatan yang tergabung dalam DGK (Directors Guild of Korea) menciptakan sebuah proyek istimewa bernama SF8. SF8 adalah drama Korea antologi tentang bagaimana teknologi mempengaruhi kehidupan manusia modern.

Melihat deretan cerita yang ditampilkan dalam SF8 drama Korea ini agak mirip dengan apa yang diperlihatkan dalam kisah-kisah serial Black Mirror di Netflix. Masing-masing dari delapan cerita di SF8 tidak hanya diarahkan oleh sutradara berbeda tetapi juga menghadirkan kisah berbeda pula. Demikian juga dengan aktor dan aktrisnya.

Berikut beberapa fakta-fakta tentang SF8 yang akan tayang di MBC Agustus 2020 mendatang:

1. SF8 dikerjakan oleh 8 sutradara anggota DGK

SF8Poster resmi drama Korea SF8 Foto: dok. MBC

DGK atau Directors Guild of Korea adalah sebuah organisasi yang dibuat untuk melindungi hak-hak dari sutradara film Korea Selatan dan juga kebebasan mereka dalam berkreasi. DGK juga melindungi hak cipta dan karya audio-visual dari para sutradara.

Delapan sutradara yang terlibat dalam produksi SF8 di antaranya adalah Kim Eui Deok, Roh Deok, Min Kyu Dong, Ahn Gooc Jin, Oh Ki Hwan, Lee Yoon Jung, Jang Cheol Soo, dan Han Ka Ram. Masing-masing judul dalam proyek SF8 berdurasi 40 menit.

2. SF8 dibintangi deretan aktor dan aktris ternama

SF8Lee Yeon Hee di SF8 Foto: dok. MBC

Tidak hanya diarahkan oleh sutradara yang sudah dikenal dan punya sepak terjang di industri film Korea Selatan, SF8 juga diperankan oleh deretan aktor dan aktris ternama. Dua di antaranya adalah artis SM Entertainment yaitu Choi Siwon dan Lee Yeon Hee.

Aktris dan aktor lain yang terlibat dalam judul drama berbeda di SF8 adalah Hani EXID, Moon So Ri, Kim Bo Ra, David Lee, Uee, Lee Shin Young, dan Lee Dong Hwi. Masing-masing akan tampil dalam cerita fiksi ilmiah berbeda.

3. SF8 bergenre fiksi ilmiah

Setiap judul drama dalam SF8 bergenre fiksi ilmiah. Mengisahkan tentang kecanggihan teknologi seperti artificial intelligence (AI), augmented reality (AR), virtual reality (VR), robot, game, fantasi, horor, kekuatan super, hingga bencana alam. Tema-tema yang sepertinya sudah sangat akrab di telinga penonton Black Mirror.

Teaser pendek SF8 yang dirilis beberapa waktu lalu menampilkan ketegangan. Masing-masing pemeran tampil dalam potongan-potongan gambar yang cepat dalam sebuah dunia yang penuh teknologi canggih.

[Gambas:Youtube]


4. Choi Siwon jadi pria oplas di SF8

SF8Choi Siwon di SF8 Foto: dok. MBC

Choi Siwon akan memerankan drama berjudul Love Virtually di SF8. Memerankan karakter bernama Seo Min Joon yang berusaha mencari cinta sejatinya. Siwon menampilkan dua sisi Seo Min Joon di drama ini: sebelum operasi plastik dan sesudah operasi plastik.

Perubahan wajah Siwon akan dilakukan dengan visual effect dan make up. Di sini dia beradu akting dengan Uee. Uee dan Seo Min Joon bertemu lewat sebuah aplikasi kencan istimewa.

5. Hani EXID terjebak di dalam game

SF8Hani EXID SF8 Foto: dok. MBC

Hani EXID memerankan drama berjudul White Crow, seorang broadcasting jockey. Di sini dia memerankan sosok yang sangat manis dan lembut. Sesuatu yang misterius membuatnya kemudian terjebak di dalam game virtual reality horor.

Hani memerankan dua karakter yang berbeda di drama ini. Sesuatu yang mungkin belum pernah dilihat oleh fans di penampilan-penampilan Hani terdahulu.

SF8 sudah mulai tayang di platform OTT 10 Juli lalu. Namun di layar kaca MBC SF8 baru akan tayang Agustus 2020.


(ron/ass)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com