detikHot

kdrama

Hyun Bin dan Son Ye Jin Bikin Drama Korea di Jepang Bangkit

Kamis, 25 Jun 2020 07:00 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Foto-foto episode terakhir Crash Landing On You Foto: tvN
Jakarta -

Drama Korea Crash Landing On You tidak hanya populer di Korea dan Indonesia saja. Drama Korea Hyun Bin dan Son Ye Jin itu ternyata menjadi momen kebangkitan serial TV Korea di Jepang.

Hubungan diplomatis Seoul dan Tokyo tahun ini disebut paling rendah seperti dikutip detikcom dari The Chosun Ilbo pada Kamis (25/6/2020). Namun kegemaran masyarakat lokal terhadap budaya Korea termasuk drama Korea justru mengalami kenaikan. Crash Landing On You memegang peranan penting.

Populer karena efek karantina

Pecinta drama Korea di Jepang menyaksikan Crash Landing On You lewat Netflix. Menurut Asahi Shimbun, sepanjang penayangannya para penonton Jepang aktif menuliskan pendapat mereka tentang drama Korea ini di media sosial. Bahkan ada yang mengaku mengulang-ulang episode Crash Landing On You hingga lima kali. Tayang berdekatan dengan masa-masa karantina karena Corona membuat drama ini jadi pilihan penonton.

Saking populernya Crash Landing On You di Jepang, Hyun Bin pun tampil di sampul tabloid mingguan Shukan Asahi. Dalam artikelnya, majalah tersebut menyoroti bagaimana perempuan Jepang jatuh cinta pada Hyun Bin berkat perannya sebagai warga negara Korea Utara di drama tersebut.

Foto-foto episode terakhir Crash Landing On YouFoto-foto episode terakhir Crash Landing On You Foto: tvN



Disukai karena elemen Korea Utara

Tidak banyak yang tahu bagaimana kehidupan di Korea Utara sebenarnya. Drama Crash Landing On You sendiri ditulis oleh pembelot Korea Utara sehingga bisa menampilkan gambaran kehidupan masyarakat lokal di sana. Ternyata inilah yang jadi daya tarik utama drama tersebut di Jepang.

"Drama ini menampilkan secara jelas kehidupan sehari-hari masyarakat Korea Utara," tulis salah satu media Jepang. Sesuatu yang tidak bisa kita saksikan di layar kaca setiap hari kecuali lewat drama drama televisi seperti Crash Landing On You ini.

Salah satu penulis Tokyo Shimbun juga mengakui bahwa dia banyak belajar soal dialek Korea Utara dari drama Crash Landing On You.

BTSBTS Foto: BTS (dok. Big Hit Entertainment)



Parasite dan BTS juga berperan penting

Produk Korea Selatan lain yang kembali jadi sorotan di Jepang adalah film Parasite yang awal tahun ini memenangkan Oscar. Di Jepang, Parasite jadi film Korea Selatan paling laris sepanjang masa. Selain itu, album BTS pun memberikan kontribusi besar pada demam Korea di Jepang saat ini.

Di paruh pertama 2020, album Map of the Soul:7 yang dirilis BTS Februari lalu menjuarai tangga penjualan album di Oricon. Mereka adalah penyanyi pertama yang mengalahkan prestasi Michael Jackson dengan Thriller di yang dirilis 1984.

Meski selama ini hubungan Korea Selatan dan Jepang selalu dikabarkan tegang karena masalah politik dan perbudakan di masa lalu. Namun dalam menikmati produk-produk hiburan Korea Selatan, masyarakat Jepang lebih memilih untuk melihat produk tersebut sebagai sebuah karya yang diakui secara internasional alih-alih hanya melihatnya sebagai produk negara tetangga dengan konflik masa lalu.

Kim Ji Young, Born 1982Kim Ji Young, Born 1982 Foto: Kim Ji Young, Born 1982 (dok. IMDB)


Saat ini banyak juga buku-buku dari penulis Korea diterjemahkan dan dibaca di Jepang. Salah satunya novel feminis Kim Ji Young, Born in 1982 yang baru-baru ini difilmkan dan diperankan oleh Gong Yoo.


(ron/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com