Ulasan 'Kingdom Season 2'

'Kingdom S2', Tontonan Terseru saat Berdiam Diri di Rumah

Candra Aditya - detikHot
Selasa, 24 Mar 2020 13:33 WIB
Adegan-adegan di film Kingdom musim kedua.
Foto: Juhan Noh/Netflix
Jakarta -

Anda menyukai serial Korea? Atau Anda ingin mencoba menonton serial Korea tapi takut kalau hasilnya menye-menye?

Anda ingin mencari pengganti 'Game of Thrones'? Anda ingin menonton tontonan seperti 'The Walking Dead' tapi yang lebih ada plot ketimbang kejar-kejaran terus dan kekerasan tiada tara? Semua itu bisa Anda temukan dalam serial 'Kingdom' yang hadir secara eksklusif di Netflix.

Diadaptasi dari webcomic karya Kim Eun-hee dan Yang Kyung-il, 'Kingdom' bercerita tentang seorang pangeran bernama Lee Chang (Ju Ji-hoon yang sempat beken di Indonesia melalui penampilannya di serial Korea berjudul 'Princess Hours') yang sedang berada di situasi tidak mengenakkan.

Keadaan negeri tidak enak setelah Korea diduduki oleh Jepang. Ada konspirasi politik. Ada isu kudeta. Belum lagi ayahnya, sang raja, masih sakit dan belum menampakkan wujudnya. Yang Pangeran Lee Chang tidak tahu, ayahnya sudah tidak sakit lagi.

'Kingdom S2', Tontonan Terseru saat Berdiam Diri di RumahFoto: Juhan Noh/Netflix



Ayahnya sekarang menjadi zombie karena sebuah bunga yang bisa membangkitkan orang dari kematian.

Sementara itu physician bernama Seo-Bi (Bae Doo-na, Anda mungkin melihatnya seliweran di serial Sense8) dan cowok misterius bernama Yeong-Shin (Kim Sung-kyu) sedang mencoba untuk bertahan diri karena tidak ada lagi makanan yang bisa mereka makan.

Sebuah usaha untuk bertahan diri menjadi bencana karena semua orang yang memakan masakan Yeong-Shin berubah menjadi zombie.

Pangeran Lee-Chang bersama asistennya Moo-Young (Kim Sang-ho) berpetualang untuk mencari guru Seo-Bi yang dipercaya mempunyai jawaban atas misteri penyakit sang raja.



Ketika dia bertemu dengan Seo-Bi, dia baru mengetahui ada zombie yang sedang menyerang. Mereka pun bersama-sama berjuang untuk menahan agar zombie kelaparan ini tidak sampai di Hanyang, ibukota negara.

'Kingdom' musim kedua melanjutkan ending cliffhanger yang ada di musim pertamanya. Kalau Anda merasa bahwa ini sangat mirip dengan 'Game of Thrones', Anda bisa bilang iya. Tapi hasilnya sungguh berbeda.

Meskipun karakter-karakter dalam Kingdom tidak sebanyak karakter-karakter dalam serial TV buatan HBO tersebut, namun intrik politik dan aksi tusuk-menusuk dari belakang demi kekuasaan tetap terasa.

Di musim kedua ini 'Kingdom' jauh terasa lebih menakjubkan karena motivasi setiap karakternya dieksplor dengan lebih dalam.

'Kingdom S2', Tontonan Terseru saat Berdiam Diri di RumahFoto: Juhan Noh/Netflix



Backstory yang penonton hanya bisa menebak di awal musim dijelaskan disini. Yang akhirnya membuat konteks cerita menjadi tambah panas. Karakter protagonisnya akan membuat Anda bersemangat untuk mendukung mereka berjuang sampai akhir.

Karakter antagonisnya benar-benar sukses untuk membuat Anda sebal dengan mereka.

Musim pertama yang disutradarai oleh Kim Seong-hun (yang juga bekerja sama dengan kreator dan penulis Kim Eun-hee dalam film berjudul The Tunnel), berhasil menggambarkan kenapa 'Kingdom' harus ditonton segera.

Visual 'Kingdom' adalah salah satu visual terbaik yang akan pernah Anda lihat. Tontonan yang berbau zombie biasanya gelap dan terkesan gritty.

'Kingdom' memang masih memberikan visual yang kotor, terutama ketika zombie menyerang. Ia juga tidak malu-malu untuk menunjukkan betapa brutal kekerasa yang terjadi.

Tapi selain itu, 'Kingdom' masih sempat menunjukkan visual yang sungguh melenakan. Meskipun terlihat brutal atau seram, tapi frame yang ditampilkan benar-benar menghantui.

Kim Seong-hun juga tidak hanya terampil dalam membuat visual yang baik tapi ia juga master dalam pengadeganan. Blocking pemainnya sangat apik. Gerakan kameranya benar-benar dibuat dengan sangat spesifik sehingga Anda akan benar-benar dibuat tegang dengan apa yang sedang terjadi di layar.

Dalam musim keduanya, Park In-je melanjutkan lima episode berikutnya dengan keahlian yang tidak kalah dengan apa yang dilakukan oleh Kim Seong-hun.



Adegan-adegan brutalnya dibuat dengan sangat apik. Akting pemainnya ditata dengan maksimal sehingga Anda akan benar-benar merasakan roller coaster emosi sepanjang menonton.

Dengan visual yang luar biasa, kejutan yang tiada henti, keseraman yang tetap terjaga, 'Kingdom' musim kedua akan menjadi tontonan yang apik bagi Anda yang sedang berdiam diri di rumah dalam masa social distancing ini.

Satu-satunya kekurangan 'Kingdom' adalah hanya ada 6 episode selama satu musim. Dan ketika Anda berhasil menyantapnya sampai selesai, Anda akan tersiksa seperti banyak fans Kingdom lain untuk menunggu musim berikutnya setahun lagi.

Kingdom dapat disaksikan di Netflix
Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Serial 'Kingdom' Musim Kedua Digarap Dua Sutradara"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)