detikHot

kdrama

Ada Web Drama Korea dan KDrama, Apa Bedanya?

Rabu, 15 Jan 2020 18:32 WIB Lusiana Mustinda - detikHot
Web drama Korea. Foto: dok. Female Employees of a Game Company Web drama Korea. Foto: dok. Female Employees of a Game Company
Jakarta - Jenis drama Korea ada dua. Ada web drama Korea dan KDrama biasa. Keduanya berbeda dari segi penayangan hingga durasi. Ini perbedaan antara web drama Korea dan KDrama.

Web drama Korea kini banyak digemari. Web drama populer karena jalan ceritanya hingga pemeran utamanya. Apa sih perbedaan antara web drama dengan KDrama biasa?



Dirangkum dari detikHot, berikut tiga perbedaannya:

1. Durasi

Salah satu hal yang paling mencolok dari perbedaan antara drama Korea dan web drama adalah di durasi videonya. Drama Korea biasanya memiliki durasi yang lebih panjang sekitar 45 menit per episodenya.

Sedangkan untuk web drama lebih pendek hanya sekitar 10-25 menit per episodenya.


2. Tayang

Saluran tayang drama Korea pertama kali disiarkan melalui televisi kemudian baru akan tersedia secara online. Saluran televisi yang biasanya menayangkan drama Korea adalah MBC, SBS dan KBS untuk TV nasional. Dan TV kabel seperti JYBC, tvN, MBN, OCN hingga TV Chosun.

Untuk web drama Korea seluruh episodenya akan tayang di platform online seperti YouTube, Never atau V Live.


3. Biaya Produksi

Drama Korea memiliki durasi yang panjang sehingga tentu biaya produksinya lebih banyak. Sebagai contoh drama Vagabond yang dibintangi Suzy Bae dan Lee Seung Gi menghabiskan dana hingga 25 miliar won atau sekitar Rp 301 milyar.

Karena web drama memiliki episode dengan durasi yang lebih pendek, tentu mengeluarkan budget yang lebih sedikit.

Salah satu web drama Korea yang episodenya sekitar 15 menit adalah web drama A-TEEN. Selain itu ada juga Love Playlist, Seventeen, EXO Next Door, Yellow hingga How To Treat You.




Simak Video "Sering Dapat Peran Berhijab, Tissa Biani: Mungkin Sudah Disuruh Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com