Bikers Dakwah: Anak Punk, Bikers, Pecandu dan Berandalan 'Dirangkul Bukan Dipukul'

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikHot
Minggu, 17 Apr 2022 18:14 WIB
Jakarta -

Bikers Dakwah adalah komunitas motor yang didirikan oleh aktor Indonesia, Alfie Alfandy (32). Komunitas ini mempunyai jargon "Dirangkul, Bukan Dipukul". Anggotanya terdiri dari anak punk, anak motor, pemakai narkoba, dan berandalan.

Selain touring ke berbagai daerah, Bikers Dakwah memiliki berbagai program yang dilakukan secara offline, yaitu 'BBQ' (Baca Iqro dan Al-qur'an), 'Rakab' (Riders Kaji Kitab), 'Submori' (Subuhan Morning Ride), 'Sajam' (Safar Jelajah Alam), dan 'Rajam' (Ramadhan Jam Malam). Selain itu, ada juga konten youtube bernama 'Bid'ah' (Bicara Tentang Hidayah), dan 'Bispak' (Bicara Seputar Akhlak).

Alfie mengakui bahwa ia mendirikan komunitas ini semata-mata ingin membuat Sang Pencipta senang dan Rasulullah bangga terhadap umatnya.

"Tujuan mendirikan Bikers Dakwah untuk diri sendiri sebenarnya. Kalau masalah amal jariyah ya nggak tau lah, kita tidak melihat ke situ. Tapi yang kita lihat adalah bagaimana caranya Allah SWT senang, Rasulullah bangga. 'Oh umat ku ada yang begini,' gitu," ujar Alfie saat ditemui di basecamp daerah Jakarta Selatan.

Bikers Dakwah sesuai namanya, pasti ada kegiatan berdakwah. Namun, tidak hanya Alfie yang mengisi materi dakwah di komunitas tersebut. Ia mengajak beberapa teman-temannya sewaktu menimba ilmu keagamaan di Darul Musthofa yang berada di Yaman.

"Yang dakwah itu saya dan beberapa teman-teman dari Darul Musthofa. Jadi ketika mondok di sana saya langsung akad sama mereka, 'Bantu saya dakwah, bantu saya dakwah, bantu saya dakwah'," cerita Alfie.

Alfie mempunyai masa lalu yang kelam. Mantan pecandu narkoba ini ingin mengajak anggota di komunitasnya agar bisa bersama-sama menuju kebaikan.

"Tapi pada akhirnya, Bikers Dakwah sendiri adalah sebuah wadah yang kita di mana menyiapkan cara untuk menuju Allah SWT. Dan menyiapkan semua cara untuk menggapai ridho Allah SWT, dan membuat bangga Rasulullah," pungkas Alfie.

"Bikers Dakwah mengajarkan bacaan iqro-qur'an, kitab fiqih, cerita-cerita hikayah hidupnya para wali Allah SWT. Dan di sini kita mencoba untuk merangkul semua anak muda, ayo kita sama-sama berbaris, menuju Allah SWT dan Rasulullah," tutupnya.

(nis/fua)