Alfie Alfandy: Mendirikan Bikers Dakwah Agar Rasulullah Bangga

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikHot
Minggu, 17 Apr 2022 13:06 WIB
Jakarta -

Aktor asal Medan Alfie Alfandy (32) atau akrab disapa Alfie, sempat mengonsumsi obat-obatan terlarang selama 8 tahun. Ia pun pernah mengalami overdosis, sehingga menyebabkan kakinya pucat dan biru. Bahkan, Alfie sempat disangka berhalusinasi melihat sosok malaikat tinggi di hadapannya.

Ketika mendapatkan kesempatan untuk memerankan sosok Alm. Uje di film Hijrah Cinta, respon dari orang-orang pun mengatakan perawakan Alfie cukup mirip dengan Alm. Uje. Ditambah, suaranya yang rendah dan serak, menjadi ciri khas Alm. Uje. Dari film inilah, nama Alfie Alfandy semakin terdengar di kalangan masyarakat.

"Kebetulan, tidak tahu mungkin Allah SWT maunya gitu kali ya. Allah SWT pilih di situ. Ternyata banyak orang yang mengatakan, plek sama. Banyak orang yang mengatakan ya Uje banget. Dan tidak sedikit orang yang mengatakan ya itu sama dengan kehidupan asli ku," cerita Alfie dalam program Sosok.

Tidak cukup hanya mendatangi para ulama, Alfie pun bertekad berangkat ke Yaman, guna memperdalam ilmu tentang agama.

"Memang maunya Allah SWT kali ya, tiba-tiba dapat film Hijrah Cinta itu, film Alm. Uje. Ilmu sudah makin kayak hujan. Nyari ilmu door to door ke rumah Ustadz Fulan, ke rumah Habib Fulan, ke rumah Kyai Fulan, setiap malam, dicatat. Bukan untuk jadi ustadz, tapi untuk diri sendiri. Akhirnya karena berasa kurang, merasa butuh ilmu lagi, memutuskan berangkat ke Yaman untuk menuntut ilmu lagi," kenangnya.

Sepulangnya dari Yaman, Alfie mendirikan sebuah komunitas motor yang kegiatannya dekat dengan keagamaan. Komunitas itu adalah Bikers Dakwah. Bukan hanya Alfie yang ceramah, tetapi beberapa rekan-rekan seperjuangan Alfie pun ikut mengisi ceramah di komunitas motor tersebut.

"Bikers Dakwah mengajarkan bacaan iqro-qur'an, kitab fiqih, cerita-cerita hikayah hidupnya para wali Allah SWT. Dan di sini kita mencoba untuk merangkul semua anak muda, ayo kita sama-sama berbaris, menuju Allah SWT dan Rasulullah. Tujuan mendirikan Bikers Dakwah untuk diri sendiri sebenarnya. Diri ini bahagia, diri ini senang kalau melihat Rasulullah bangga. Ini hanya untuk buat Rasulullah bangga dan Allah SWT senang saja," cerita Alfie sambil tersenyum.

Alfie pun saat ini sudah sering mengisi ceramah di berbagai acara keagamaan. Ia pun kerap dipanggil 'Ustaz' dari para jemaahnya.

"Ada yang kontra dengan panggilan Ustadz ke saya. 'Oh dia ustadz sekarang?'. Lah bodo amat mau lo panggil gue Alfie kek, Bang Alfie kek, De Alfie kek, terserah. Asal jangan panggil saya 'ustazah', jangan panggil saya 'mbak'. Jangan deh. Itu saja sudah," ujarnya sambil tertawa.

Kegiatan Bikers Dakwah adalah touring ke berbagai daerah, bersilaturahmi, mengajarkan baca Iqro dan Al-qur'an, dan tentunya ceramah. Target untuk anggota komunitas motor ini adalah anak punk, anak motor, berandalan, pemakai narkoba. Saat ini, anggota yang tercatat di komunitas motor Bikers Dakwah di wilayah Jabodetabek berjumlah 1.800 orang.

(nis/fuf)