DetikHot

hot-profile

Di Mana Piala Oscar untuk Andy Serkis?

Jumat, 11 Ags 2017 17:18 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Di Mana Piala Oscar untuk Andy Serkis? Foto: Di Mana Piala Oscar untuk Andy Serkis? (Alberto E. Rodriguez/Getty Images)
Jakarta - Andy Serkis sukses menghadirkan sosok Caesar di trilogi 'Planet of the Apes' dengan begitu nyata. Namun hingga kini, sang aktor sama sekali belum mendapatkan satu pun piala Oscar.

Perdebatan demi perdebatan kerap muncul terkait para aktor yang membintangi film motion capture. Banyak yang beranggapan mereka tak berakting sebagaimana mestinya, dan 'bersembunyi' di balik teknologi.

Namun, Andy Serkis sama sekali tak mengharapkan penghargaan lewat aktingnya sebagai Caesar. Saat ini, aktor kelahiran Inggris itu lebih berharap orang-orang mengerti arti dari berakting dengan teknologi motion capture.

"Orang-orang mulai merespons aktingku di film ini dengan level berbeda. Mereka bilang, 'Filmnya sungguh mengharukan, dan aktingmu sangat nyata.' Tapi yang lebih penting daripada penghargaan adalah pengertian lebih tentang apa itu performace capture," ujar Andy Serkis.

"Bukan lebih dari akting, tapi akting yang sebenarnya. Kurasa persepsinya mulai berubah," lanjutnya.

Andy pun menjelaskan, aktor yang berakting dalam film motion capture mendapatkan naskah, kemudian bekerja dengan motivasi, psikologi dan emosi yang sama dengan mereka yang berperan dalam film tanpa teknologi tersebut.

"Efek visual seperti 'melapisi' karakternya, seperti mengenakan makeup. Bedanya, 'makeup' tersebut diaplikasikan setelah selesai berakting. Sebut saja digital makeup. Tapi seharusnya pemberian penghargaan tak didiskriminasi karena teknologi ini dianggap berbeda. Kalau mereka tak suka Caesar, tak masalah. Tapi ini adalah isu berbeda," pungkasnya.


(dal/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed