Hollywood Hot Profile

Donnie Yen, Aktor di Balik Terciptanya Karakter Baru di 'Rogue One'

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 16 Des 2016 16:00 WIB
Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images
Jakarta - Aktor asal Asia kini kembali menjadi perhatian Hollywood. Donnie Yen, sukses menjadi aktor asal Tiongkok pertama yang bermain di 'Star Wars' saga.

Bagi yang sudah menonton 'Rogue One: A Star Wars Story', pasti sudah tak asing lagi dengan sosok buta yang memiliki hubungan dengan para Force, Chirrut Imwe. Donnie, hadir sebagai koreografer aksinya, sekaligus pemberi ide besar untuk sosok Chirrut.

"Mereka tanya opiniku setelah diberi naskahnya. Aku bilang pada mereka, kurasa karakternya bisa ditambah sebuah karakteristik untuk pembeda," ujar Donnie pada sebuah wawancara belum lama ini.

"Rasanya cukup konsisten dengan filmnya, karena ketika kau tak bisa melihat, kau harus bisa merasakan dengan hatimu. Seni bela diri juga tentang perasaan yang ada di dalam hati seseorang," lanjutnya.

Kecuali para pecinta film Tiongkok, pasti kurang familiar dengan sosok Donnie. Aktor berusia 53 tahun itu tinggal di Hong Kong hingga usia 11 tahun sebelum pindah ke Amerika Serikat dengan keluarganya.

Sejak kecil, Donnie sudah belajar seni bela diri, termasuk Tai chi dan Taekwondo dan berlatih secara khusus di Beijing. Saat ini, ia menyebut dirinya sendiri seorang spesialis MMA (Mixed Martial Arts).

Donnie Yen, Aktor di Balik Terciptanya Karakter Baru di 'Rogue One'Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images

Sebelum 'Star Wars', Donnie setidaknya sudah bermain di lebih dari 30 film, termasuk seri 'Ip Man'. Sehingga, ia sudah biasa menciptakan gaya bela diri berbeda-beda untuk setiap karakter yang diperankannya.

"Aku tak pernah membanding-bandingkan film-filmku. Aku membandingkan karakter di seluruh filmku, semua dibedakan sesuai dengan karakteristik masing-masing. Jika aku berperan sebagai polisi, maka aku akan mempersiapkan gaya khusus. Aku mungkin tak tahu gaya apa, tapi sebagai aktor aku harus bertanggung jawab untuk mengerjakan PR-mu dan melakukan penelitian dan pelatihan dan hal lain semacam itu," paparnya.

Cerita soal Donnie Yen masih akan dibahas di artikel Hollywood Hot Profile berikutnya. Jangan sampai kelewatan, ya! (dal/mmu)