Hollywood Hot Profile

Mengenal Lebih Dekat Martin Freeman, Si Bilbo Baggins di 'The Hobbit'

- detikHot
Jumat, 19 Des 2014 12:15 WIB
Jakarta -

Bagi Anda penggemar drama BBC bertajuk 'Sherlock' pasti tak asing lagi dengan wajah Martin Freeman. Apalagi setelah film terbarunya yang ditunggu-tunggu, 'The Hobbit: The Battle of The Five Armies' dirilis pekan ini.

Pria kelahiran Hampshire, Inggris tersebut sudah tertarik dengan dunia akting sejak usia 15 tahun dengan mengikuti grup teater untuk remaja. Namun pada usia 17 tahun, keinginannya untuk terus mengabdi di dunia seni peran semakin besar, hingga memutuskan untuk menjadikan akting sebagai mata pencaharian tetap.

Martin setidaknya telah tampil dalam 18 acara TV, 14 produksi drama teater dan beberapa radio. Kiprah aktor berusia 43 tahun tersebut semakin dikenal setelah kemunculannya di sitkom 'The Office' sebagai Tim Canterbury.

Awal tahun 2000, ayah dua anak tersebut sudah tampil dalam beberapa judul film, di antaranya 'Ali G Indahouse' dan 'Love Actually'. Martin mulai mengembangkan kariernya dengan membintangi film-film dengan karakter yang lebih dramatis seperti di serial historis BBC bertajuk 'Charles II: The Power and The Passion'.

Perannya sebagai Dr. John Watson di serial BBC, 'Sherlock' bersama Benedict Cumberbatch mendapatkan banyak reaksi positif dari berbagai lapisan masyarakat. Bahkan kini ia sudah memiliki fans fanatik sendiri.



Karena prestasinya tersebut, Martin berhasil memenangkan penghargaan BAFTA sebagai aktor pendukung terbaik pada 2011. Ia juga dinominasikan dalam Primetime Emmy Award untuk aktor pendukung yang luar biasa di miniseri atau film.

Martin berperan sebagai Bilbo Baggins, karakter utama, di film arahan Peter Jackson yang dibagi dalam tiga film tersebut. Untuk perannya di film pertama, 'The Hobbit: An Unexpected Journey', ia mendapatkan penghargaan Best Hero dari MTV Movie Awards 2013 dan aktor terbaik dari Empire Awards.

Kehidupan pribadi Martin memang sangat jarang diangkat. Ia tinggal di Hertfordshire bersama pasangannya, Amanda Abbington. Keduanya telah dikaruniai dua orang anak, Joe dan Grace.

Hollywood Hot Profile detikHOT seharian ini akan membahas lebih jauh mengenai Martin Freeman. Jangan sampai terlewat, ya!

(dal/mmu)