Hot Profile

Raditya Dika & Kutukan Jomblo Tiap Rilis Buku

- detikHot
Jumat, 23 Des 2011 15:21 WIB
Jakarta - Ada satu hal yang tak pernah berubah dari Raditya Dika. Tiap kali meluncurkan karya terbarunya, komedian kelahiran Jakarta 28 Desember 1984 itu pasti berstatus jomblo.

"Kayaknya itu kutukan buku gue. Tiap kali launching buku dari pertama entah kenapa pasti gue nggak punya pacar, kayak sekarang. Teman gue juga ada yang bilang begitu," ungkapnya seraya tertawa.

Dika pun merasa bingung akan hal tersebut. Padahal diakuinya kisah cintanya kerap jadi inspirasinya dalam menulis, termasuk untuk buku terbarunya yang berjudul 'Manusia Setengah Salmon' yang akan diluncurkan akhir pekan ini.

"Salah satu modal utama gue dalam menulis itu kalau nggak seputar jatuh cinta ya patah hati. Sebagian isi dari buku 'Manusia Setengah Salmon' itu pun gue buat ketika sedang jatuh cinta dan patah hati," ungkap mantan kekasih Sherina itu.

Dika menampik jika ia sengaja pacaran untuk mencari inspirasi menulis buku, dan setelah tujuannya tercapai ia mengakhiri hubungan. "Ah, gila! Nggaklah," tepisnya. "Nggak ada itu gue mau nulis buku terus cari pacar buat diambil inspirasinya dan udah mau launching gue putusin," sambungnya seraya tertawa.




Bintang film 'Kambing Jantan: The Movie' itu kemudian menandaskan, inspirasinya dalam menulis pun tak hanya datang dari kisah asmaranya. Namun, juga dari berbagai kejadian yang dialaminya sehari-hari.

"Jadi bagaimana kejadian sehari-hari yang biasa-biasa saja itu bisa kita taruh di bawah kaca pembesar, dan kita cari angle mana yang mau diangkat supaya jadi komedik dan menarik. Sesimpel itu saja," tandasnya.



(bar/hkm)