Hot Profile

Rilis 'Manusia Setengah Salmon', Raditya Dika Seperti Melahirkan

- detikHot
Jumat, 23 Des 2011 10:15 WIB
Jakarta - Buku terbaru penulis muda Raditya Dika Nasution berjudul 'Manusia Setengah Salmon' akan dirilis pada Sabtu (24/12/2011). Menanti karya keenamnya itu, ia pun merasa deg-degan seperti mau melahirkan.

"Dari buku pertama sampai sekarang gue selalu deg-degan banget seperti mau melahirkan anak. Perasaan itu nggak pernah hilang," ungkapnya saat berbincang di kantor Detikhot, Kamis (22/12/2011).

Bukunya tersebut merupakan terbitan Gagas Media setebal 258 halaman dan dibandrol seharga Rp. 42.000. Sampul depannya terlihat unik bergaya cat air. Memampang ilustrasi wajah Dika yang sebagian bersisik dan nampak memonyongkan mulutnya seperti ikan salmon di dalam air.

"Dari awal mikirnya memang bagaimana caranya kita buat sebuah buku yang tampilan covernya beda dari buku lain di pasaran. Walaupun jadinya horor sih covernya. Jadi kayak orang sakit kulit begitu," ujarnya seraya tertawa lepas.

Menyoal judulnya, Dika meyakinkan 'Manusia Setengah Salmon' tak membahas soal mahluk jadi-jadian atau hal absurd lainnya. Secara garis besar, ia mengaku bukunya itu mengangkat tema tentang perpindahan.



Dika menganalogikan kehidupan manusia mirip seperti ikan salmon yang bermigrasi setahun sekali. "Buku itu ngomongin soal perpindahan yang gue alami setahun ke belakang. Pindah rumah, cita-cita, termasuk pindah hati, dan lain-lain," katanya.

Pria kelahiran Jakarta 28 Desember 1984 itu mengklaim, buku yang digarapnya selama lebih dari setahun itu lebih kaya dan berbobot. Untuk membahas soal jomblo saja, ia bahkan membedahnya dari teori ekonomi dan pemasaran lengkap dengan grafiknya.

"Di buku itu ada bab 'Jomblonology' yang membedah jomblo dari teori ekonomi dan marketing lengkap sama grafiknya. Terus, bagaimana menggunakan 4 elemen marketing mix dalam mencari pacar. Selain itu, apa kolerasi antara jumlah ekskul yang kita ikuti sama kemungkinan dapat pacar. Pokoknya lebih keren lah," paparnya percaya diri.

Namun anda tak perlu khawatir akan mengernyitkan dahi membaca bukunya tersebut. Walau materinya terdengar berat, 'Manusia Setengah Salmon' tetap ditulis Dika dengan gaya komedi khasnya.



"Kesannya saja berat begitu, tapi buku ini full komedi lah pastinya. Hahaha," Kilahnya. Misalnya saja di 'Interview with the Hantus'. Di situ ceritanya aku mewawancarai hantu yang ada di Indonesia kayak genderuwo dan kuntilanak. Itu bab yang kalau aku baca masih suka ketawa sendiri," sambungnya lagi.

Lantas dalam buku itu, cerita apa yang paling disukai Dika? "Yang paling gue suka sampai garuk-garuk tanah nulisnya, itu cerita tentang 'Sepotong Hati dalam kardus Cokelat'. Itu cerita tentang gue mau pindah rumah, tapi di saat bersamaan gue juga lagi pindah hati. Itu gue nulisnya jujur banget," jelasnya.

Anak sulung dari lima bersaudara itu menambahkan, dalam buku terbarunya itu ia juga masih menceritakan soal keluarganya yang "ajaib". Terutama cerita tentang adiknya Edgar yang kerap kali jadi inspirasinya dalam menulis.

"Ada juga cerita judulnya 'Bakar Saja Keteknya'. Itu tentang bagaimana cara gue ngomong ke orang kalau dia bau ketek (ketiak), sementara gue berada di satu tempat yang lama bersama dia. Semua teknik gue praktekkan untuk memberitahu dia, tapi gagal," katanya.



Pemeran utama film 'Kambing Jantan: The Movie' itu mengatakan bukunya itu dicetak sebanyak 75 ribu eksemplar dan telah disebar ke berbagai toko buku dan tempat penjualan di Tanah Air. Makanya ia jadi tak sabar menanti tanggapan dan reaksi orang akan karyanya tersebut.

"Cetakan pertama 50 ribu eksemplar tapi karena ada permintaan dicetak lagi 25 ribu eksemplar. Pokoknya, kira-kira orang suka nggak ya sama buku gue ini? Makanya seperti yang gue bilang tadi, nggak sabaran dan deg-degan menunggu bukunya keluar," tandasnya.


(bar/ast)