ADVERTISEMENT

Sandiaga Uno Sepakati Hari Ekonomi Kreatif Nasional Usulan dari Gekrafs

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 22 Jun 2022 11:50 WIB
Sandiaga Uno Sepakati Hari Ekonomi Kreatif Nasional Usulan dari Gekrafs
(Foto: dok. Gekrafs) Sandiaga Uno Sepakati Hari Ekonomi Kreatif Nasional Usulan dari Gekrafs
Jakarta -

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mengusulkan rancangan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas). Artis Ferry Ardiansyah dipilih menjadi Ketua Komite.

Awal pekan ini, Gekrafs melakukan audiensi dengan Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Muhammad Neil El Hima. Pertemuan itu sendiri merupakan bentuk tindak lanjut dari dukungan Komisi X DPR RI dan Menteri Sandiaga Uno beberapa waktu lalu dalam rapat kerja mencanangkan Hekrafnas.

Ferry Ardiansyah bersyukur inisiasi adanya hari tersebut disambut baik. Dari situ, Hekrafnas akan melibatkan semua unsur baik 17 sektor pelaku ekraf, komunitas, akademisi, legislatif, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

"Alhamdulillah Kemenparekraf menyambut baik rencana besar ini dan siap berkolaborasi bersama-sama dan ini sebuah kehormatan besar bagi Gekrafs untuk menancapkan legacy bagi para pelaku ekraf lewat pengusulan Hekrafnas, Hari Ekonomi Kreatif Nasional," ujar Ferry.

Ferry Ardiansyah pun mengunggah momen kesepakatan Hekrafnas bersama Sandiaga Uno di Instagram. Ia berharap hal itu bisa memajukan Indonesia ke depan.

"Bismillah, mohon doanya semua, waktu begitu singkat namun perjalanan masih panjang, tapi langkah kaki harus lebih cepat untuk menuju tujuan. Insyaallah kerja keras tak akan mengkhianati hasil," tutur Ferry.

Menparekraf Sandiaga Uno yang ditemui dalam kesempatan berbeda di Gedung Sapta Pesona, mengungkapkan dukungan soal Hekrafnas. Ia membocorkan sedikit kapan hari itu akan terjadi.

"Proses yang terus diperjuangkan oleh teman-teman dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional, yang rencana akan di-launching pada bulan Oktober di Bali," kata Sandi.

Di sisi lain, Ketua umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, menjelaskan soal Hekrafnas. Itu merupakan upaya untuk mengapresiasi para pelaku ekonomi kreatif.

"Dengan adanya Komite bersama untuk Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini, tentu diharapkan akan mengoptimalkan semua proses dalam waktu yang singkat. Apresiasi tak henti untuk teman-teman di Kemenparekraf dan Komisi X DPR-RI itikad bersama untuk pelaku ekraf ini bukan hanya akan menghadirkan legacy, tapi bentuk nyata apresiasi bagi seluruh pelaku ekraf di Tanah Air," ujarnya.

(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT