ADVERTISEMENT

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 15 Feb 2020 23:38 WIB
2.

8 Seniman Indonesia Pameran di Merak dan Bakauheni

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020
Foto: Agnes/detikHOT

Menjelajah ke bagian lain, ada 'Napping Room' karya Lala Bohang yang digantung dan menarik perhatian pengunjung. Karya ini pernah dipajang di Indonesian Contemporary Arr and Design (ICAD) 2018.

Selesai dari instalasi penuh makna, ikutilah jejak kaki berikutnya. Di sebuah ruangan, ada mural setinggi 4,3 meter yang menjulang tinggi. Karya itu merupakan ciptaan perupa kelahiran Bali, Slinat, yang menghadirkan mural 'Mirror Memory' yang dilukis memakai roll cat.

Ada gambar pedagang kaki lima di pelabuhan tua dan kapal-kapal yang akan bersandar. "Karyanya dibuat dari 4 macam foto tua, yang dilukis ulang di dinding," kata Angka.

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020 Foto: Tia Agnes/detikHOT



Di Terminal Eksekutif Anjungan Agung Bakauheni, ada mural karya kolektif Serrum yang berjudul 'Gerbang Peradaban'. Dua pelabuhan terpenting Pulau Jawa dan Sumatera digambarkan dengan detail.

Lanjut ke langkah kaki berikutnya ada instalasi Ruth Marbun 'Jangan Repot-repot' yang terinspirasi dari budaya oleh-oleh. Di sampingnya ada ruangan gelap yang menampilkan gambar ubur-ubur, jamur, dan ginseng yang menyala dan sudah ada sejak zaman purba.

Di lantai satu terminal, ada Yosia Raduck lewat 'Bangga Menyatukan Nusantara', Ziggy Sezsyazeoviennazabrizkie x Olopolo 'Piil Pesenggiri', dan terakhir mural WD yang langka ada di Tanah Air.

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020 Foto: Tia Agnes/detikHOT



"H(ART)BOUR Festival ingin memberikan pengalaman baru tentang pelabuhan dan menggali memori lama soal pelabuhan Merak dan Bakauheni," tukas Angka.

Malam ini tak cuma karya seni saja yang bisa dinikmati, tapi juga pemutaran film, musik dari MRNMRS dan Oomleo Berkaraoke, hingga video mapping persembahan APEmotion. Pameran seni 'Memory Harbour' masih berlangsung hingga 21 Februari 2020.


(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT