Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 15 Feb 2020 23:38 WIB
1.

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020
Foto: Agnes/detikHOT
Bakauheni -

Bagaimana kalau karya seni bisa dinikmati di ruang publik yang tak biasa, bukan jalanan kota maupun taman-taman. Tentu saja menjadi hal yang menarik.

Untuk pertama kalinya, gelaran H(ART)BOUR Festival yang digelar PT ASDP Indonesia Ferry digelar di dua tempat yakni Terminal Eksekutif Sosoro Merak dan Terminal Eksekutif Anjungan Agung Bakauheni, Lampung. Pelabuhan sebagai penghubung antar pulau kini berubah penampilannya.


"Pelabuhan sekarang sudah berubah penampilan. Tidak seperti dahulu yang kumuh dan tidak beradab, sskarang gemanya meningkat demi peradaban. Yang namanya peradaban salah satu tertinggi adalah penghargaan kepada seni," tutur Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, Sabtu (15/2/2020).

Menikmati Kenangan Pelabuhan Lewat H(ART)BOUR Festival 2020 Foto: Tia Agnes/detikHOT



Pihak ASDP pun mengaku penyelenggaraan festival yang bertajuk 'Memory Harbour' ingin menjadi bagian dari komunitas yang menghargai seni kontemporer.

"Kita cukup appreciate, ingin menuju sesuatu yang baru dan future orientated maka menghadirkan karya-karya seni kontemporer," katanya.


Di bagian tengah Terminal Sosoro Merak ada karya instalasi Wulang Sunu yang berjudul 'Ingatan-ingatan yang Dibongkar Muat'. Sebanyak 15 simbol logistik mengajak napak tilas dari zaman keemasan pelabuhan.

"Wulang Sunu menceritakan dalam sejarah Merak dan Bakauheni berperan penting, termasuk di masa perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa melawan monopoli dagang VOC terhadap Banten," ucap Direktur Artistik H(ART)BOUR Festival, Angka, saat media tur.