detikHot

culture

Cerita Budayawan Ini saat Deputi Anies Bentak-bentak

Minggu, 24 Nov 2019 17:01 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Rima Olyvia
Jakarta -

Video yang menampilkan Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Dadang Solihin bentak-bentak seniman TIM viral di jagat maya. Salah satu yang hadir di sana adalah Budayawan Radhar Panca Dahana.

Ketika dihubungi detikcom, Radhar pun mengungkapkan kejadian yang sebenarnya terjadi di diskusi tersebut.

"Saya ada di situ dan saya yang melerai kalau nggak, terjadi konflik pada tingkatan fisik," kata Radhar, Minggu (24/11/2019).


Radhar menuturkan Deputi Anies tersebut baru menjabat selama dua bulan dan sebelumnya berasal dari BAPPENAS. Dadang Solihin, lanjut Radhar, tak punya pengalaman soal kebudayaan, seniman maupun permasalahan revitalisasi TIM.

Saat diskusi yang 'memanas' makin memuncak, Radhar mengatakan komunikasi antara Dadang sebagai salah satu narasumber dengan peserta diskusi dari seniman tak berjalan mulus.

"Artinya komunikasinya nggak bagus, seharusnya sebagai pejabat ngemong. Tapi ini kan nggak, dia malah antipati, malah bilang, mau diskusi nggak, harusnya diemin saja. Tambah bikin marah, malah mendekat, bilang saya mau rangkulan akhirnya terjadilah. Saya lerai dan simpulkan keinginan pada deputi," lanjutnya lagi.



Di akhir diskusi, puluhan seniman TIM yang hadir saat diskusi memberikan pernyataan sikap 'Cikini' Ada 3 poin yang disebutkan para seniman dan diharapkan segera disampaikan pada Gubernur DKI Anies Baswedan.

Radhar Panca Dahana dikenal sebagai budayawan dan penulis. Ia penulis, buku juga puisi di beberapa judul kumpulan puisi.




Simak Video "Yuk, Intip Proses Revitalisasi Taman Ismail Marzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com