detikHot

culture

Tanpa Eka Kurniawan, Ini 58 Penerima Anugerah Kebudayaan 2019

Kamis, 10 Okt 2019 21:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Agnes/detikHOT
Jakarta - Malam Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi 2019 digelar di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN), kawasan kompleks Istora Senayan, Jakarta Pusat. Tanpa Eka Kurniawan yang menolak penghargaan, ada 58 penerima dari 8 kategori.

Mereka menerima trofi penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada Kamis (10/10/2019) malam. Dalam sambutannya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, menuturkan para penerima anugerah mulai direncanakan sejak awal tahun.

"Saya berterima kasih kepada mereka yang mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam memajukan kebudayaan Indonesia. Proses seleksi dari Januari sampai kami dapat usulan calon penerima dan diseleksi tim ahli. Lalu didiskusikan ulang yang masuk sampai jadi sebuah keputusan," ujar Hilmar.

Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi 2019 terbagi ke dalam 8 kategori. Yakni gelar kehormatan presiden, pelestari, pencipta pelopor dan pembaharu, maestro seni tradisi, anak dan remaja, komunitas, pemerintah daerah, dan perorangan asing.

"Kalau dari presiden, mengumpulkan calon dan kirim ke sekretariat presiden tapi keputusan ada di Kemendikbud," ungkapnya.

Para penerima Anugerah Kebudayaan tahun ini di antaranya adalah kelompok Keroncong Tugu, Kiagus Wirawan Rusdi, Ade Darmawan, Restu Imansari Kusumaningrum, Martinus Miroto, Purwa Tjaraka, Amrus Natalsya, Rose Pandanwangi, Aryanto Yuniawan, Jember Fashion Carnaval hingga Komunitas Salihara.

Untuk kategori perorangan asing ada Karel Stenbrink (Belanda), Roesman Darmohoetomo (Suriname), Mahmoud Hamdi Zakzouk (Mesir), dan Akiko Kawaguchi (Jepang).

"Melalui program apresiasi ini, sebagai salah satu cara menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia," tukasnya.

Para penerima anugerah mendapatkan hadiah uang senilai Rp 50 juta, pin emas 10 gram, dan trofi penghargaan.


Simak Video "Niat Diet, Cita Citata Malah Kena Infeksi Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com