detikHot

culture

Perdana Main Teater Koma, Slamet Rahardjo Merasa Pulang Kampung

Rabu, 17 Jul 2019 21:01 WIB Tia Agnes - detikHot
Slamet Rahardjo Foto: Agnes/detikHOT Slamet Rahardjo Foto: Agnes/detikHOT
Jakarta - Aktor senior Slamet Rahardjo tak ingin melepas tawaran dari pendiri Teater Koma untuk main di lakon terbaru 'Goro-goro: Mahabarata 2'. Untuk pertama kalinya, ia bermain di produksi terbaru Teater Koma.

Saat jumpa pers, aktor yang memulai kariernya sebagai pekerja teater di Teater Populer itu mengaku merasa seperti 'pulang kampung'.

"Saya seperti pulang kampung main di Teater Koma. Rupanya dalam hidup saya perlu detoks. Teater adalah detoks, pembersih dan memberikan saya kembali inspirasi. Kesegeran berekspresi," tuturnya saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, ada perbedaan yang jauh antara bermain di layar kaca dengan panggung teater. Ketika main film dengan penonton tak ada kontak emosional. "Harga saya menjadi berarti ketika main teater. Saya bermain di depan penonton, dengan waktu yang sama dengan orang yang menonton saya," ucapnya.
Teater KomaTeater Koma Foto: Agnes/detikHOT

"Saya bermain, ketika selesai kalau tidak suka telur busuk akan sampai ke kepala saya. Kalau suka, akan menyalami. Keringat masih hangat, ada unsur yang tidak ternilai ketika main teater," katanya.

Pertemuan Slamet dengan sutradara sekaligus pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno ketika berada di Teater Populer. Keduanya belajar di bawah asuhan Teguh Karya.

"Saya bersyukur pada Tuhan sudah banyak hal yang terjadi. Nano dan saya belajar di Teater Populer. Nano mengembangkan apa yang dia dapat dan saya mengembangkan apa yang dia dapat," tutur Slamet bersemangat.

Dalam lakon 'Goro-goro: Mahabarata 2', ia berperan sebagai Batara Guru. Ketika tawaran muncul, dia mengatakan tidak kuat main teater berdurasi 4 jam.

"Nano bilang ini 3 jam, oke saya bilang bagian depan saja, saya sudah tua 70 tahun takut ngantuk," tukasnya sembari tertawa.




Simak Video "''Goro-Goro: Mahabarata 2'', Ajak Milenial Telusuri Legenda Padi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com