DetikHot

culture

Rayakan 100 Tahun Kelahiran RA Kosasih, Prangko 'Jagoan Indonesia' Diluncurkan

Kamis, 04 Apr 2019 18:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rayakan 100 Tahun Kelahiran RA Kosasih, Prangko Jagoan Indonesia Diluncurkan Foto: Tia/detikHOT
Jakarta - Setiap tanggal 4 April, komikus-komikus Tanah Air memperingati Hari Komik Nasional. Memperingati 100 tahun kelahiran Bapak Komik Indonesia Raden Ahmad (RA) Kosasih, Asosiasi Komik Indonesia dan Kementerian KOMINFO meluncurkan seri prangko 'Jagoan Indonesia'.

Prangko yang dirilis satu box set seharga Rp 200 ribu berisikan tiga seri prangko spesial. Ada seri dari komik 'Sri Asih', 'Gundala', dan 'Si Buta dari Gua Hantu'.

Ketua Asosiasi Komik Indonesia atau AKSI Faza Meonk menuturkan setiap tahunnya KEMKOMINFO menetapkan 12 tema untuk seri prangko yang rilis sepanjang tahun. Kali ini tema 'komik Indonesia' yang diangkat.
Raden Ahmad KosasihRaden Ahmad Kosasih Foto: Tia/detikHOT

"Peluncuran prangko spesial ini juga bertepatan dengan momen 4 April dari perayaan peringatan 100 tahun RA Kosasih. Para komikus menganggap RA Kosasih adalah Bapak Komik Indonesia dan tiap tahunnya pelaku komik juga merayakannya," tutur Faza di Gedung Filateli Jakarta, kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Tema 'Jagoan Indonesia' mengingatkan pada salah satu karya original RA Kosasih yang paling dikenal yakni Sri Asih. "Dia adalah sosok adi satria pertama di Indonesia," katanya.

Selain 100 tahun RA Kosasih, tahun ini juga merayakan 50 tahun lahirnya Gundala karya Hasmi. Sebelumnya di tahun 2017 juga 50 tahun kelahiran 'Si Buta dari Gua Hantu' karya Ganes TH.

"Karena momen yang berdekatan, jadi ketiganya dipilih menjadi sosok karakter dalam prangko 'Jagoan Indonesia'. Ketiga karakter juga menjadi tonggak perjalanan panjang komik Indonesia," pungkasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed