Muklay Garap Tiga Jenis Artwork Sekaligus

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 25 Des 2018 20:20 WIB
Foto: Pingkan/detikHOT
Jakarta - Visual artist asal Jakarta, Muchlis Fachry atau yang sering disapa Muklay mengaku sibuk garap tiga jenis artwork sekaligus.

"Kesibukan gambar aja sih, cuma gua dibagi tiga, artwork di galeri, artwork for combustion, artwork for collaboration" jawab Muklay saat bertemu detikHOT di acara Jakcloth Parkir Timur Senayan, Sabtu (22/12/2018).

"Jadi ibaratnya gua bete kolaborasi gua bisa garap karya yang bisa dipamerkan di galeri seperti di Galnas (Galeri Nasional) atau dimanapun gitu. Ketika gua bete berpameran gua bisa combustion" lanjut Muklay.



Selain itu Muklay juga mengaku bahwa kehidupannya sangat bergantung pada karya seni dari artwork combustion yang ia kerjakan. Hal tersebut merupakan salah satu pemasukan yang didapat Muklay dalam melanjutkan karier serta hobinya.

"Sebenarnya daya utama yang sering itu adalah artwork combustion, karena combustion itu kan adalah dana pasok untuk kita hidup sebenarnya, untuk berkaryapun berkarya yang di galeri kita harus ada modal gitulah untuk bikin karya dan gak murah" lanjut Muklay.

Tidak hanya itu, Muklay juga berpendapat bahwa seorang seniman juga membutuhkan pekerjaan yang tetap agar dapat membantu financial dalam berkarya.

"Beli cat itu ga murah, karena setiap seniman itu butuh komisi dan bahkan setiap seniman harus punya pekerjaan tetap kalo menurut gue, kalo emang komisinya ga cukup besar" ujar Muklay.

Menjadi seorang visual artist yang memiliki berbagai kesibukan terkait seni, tentunya merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mempengaruhi kehidupan Muklay. (tia/kmb)