detikHot

culture

Mengenal Pencipta Ilustrasi Asian Para Games 2018 di Akun Jokowi

Sabtu, 06 Okt 2018 23:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: cimsview/ instagram Foto: cimsview/ instagram
Jakarta - Tribawa 'Cimot' Santosa tak menyangka ketika tim komunikasi Jokowi menghubungi dirinya untuk membuat ilustrasi penutupan Asian Games beberapa waktu lalu. Ia langsung mengiyakan tanpa pikir panjang.

Tak disangka, setelah mendapat respons positif dari berbagai pihak tentang ilustrasi penutupan Asian Games 2018, ia kembali diajak membuat ilustrasi di Asian Para Games yang bakal dibuka malam ini. Ilustrasi tersebut kini dipajang di akun resmi Presiden RI Jokowi.



"Tim komunikasi Pak Jokowi yang juga adalah teman gue, cuma bilang bikin ilustrasi buat penutupan Asian Games, gue juga baru dikasih tahu pas sudah posting. Suprise banget sih," tuturnya saat dihubungi detikHOT.

Pria yang akrab disapa Cimot itu menuturkan ketika diminta lagi untuk di Asian Para Games, dia sama sekali tidak berharap kalau karyanya bakal diposting oleh Jokowi. "Bikin ya bikin aja. Bisa juga dipakai di akun resminya atau tidak," katanya.

Di ilustrasi kali ini, Cimot membuat karya selama 5 hari. Dimulai dari riset mengenai obyek maupun subyek yang bakal digambar sampai eksekusi menggunakan water colour.

"Di Asian Para Games tidak semudah informasi seperti Asian Games. Ya banyak beritanya, tapi foto atlet-atletnya hanya ada beberapa saja. Dan gue menggambar di posisi yang tidak sama dengan foto," kata lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Di ilustrasinya ada 9 atlet. Di antaranya adalah Nanda Mei sholihah altet difabel yang juga pelari, Ni Nengah Widiasih atlet angkat berat difabel asal Bali, atlet para cycling M. Fadli, atlet pebasket Asep Ayatullah, dan lain-lain.

Setelah menggambar ke-9 atlet, Cimot merasa harus menambahkan satu sosok penting ke dalam ilustrasinya. "Gue merasa semangat dukungannya kok kurang yah, akhirnya ditambahkanlah Pak Jokowi yang menurut gue sudah menggambarkan spirit bangsa Indonesia," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]


(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com