DetikHot

culture

Banyak Permintaan, Opera 'Ainun' akan Dipentaskan di Eropa

Kamis, 07 Jun 2018 21:42 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Banyak Permintaan, Opera Ainun akan Dipentaskan di Eropa Foto: Opera 'Ainun' (Hanif Hawari/ detikHOT)
Jakarta - Opera 'Ainun' rupanya sudah dinanti-nanti orang banyak. Tak hanya di Indonesia, Eropa tepatnya di Jerman juga sudah menunggu drama pertunjukan yang menceritakan tentang kisah cinta BJ Habibie dan Ainun itu.

"Karena di Eropa sudah banyak yang minta juga. Semua orang Jerman kenal Pak Habibie, dan banyak yang kenal Pak Habibie," ucap Sapti M. Wahyudi, Ketua Perkumpulan Lima Dimensi Production (LiDi) sebagai promotor kepada detikHOT, saat ditemui di Perpustakaan Habibie-Ainun, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018).

"Habibi kan cukup terkenal di sana. Dan semua orang orang hormat di sana (sama Habibie)," ucap Purwatjaraka selaku komponis opera 'Ainun' pada wawancara yang berbeda.

Disamping itu, warga Eropa di sana juga ingin memperkenalkan bahwa orang Indonesia juga mampu dan bisa membuat sebuah seni pertunjukan seperti opera.

"Mereka juga ingin memperkenalkan orang Indonesia mampu membuat Opera di luar Eropa. Jadi negara Asia pertama yang bisa membuat. Dan kita juga ingin menunjukkan bahwa orang Indonesia juga bisa tembus sampai ke sana," tutur Sapti.

Mengambil sudut pandang Ainun, opera 'Ainun' akan bermain selama 135 menit dengan satu kali break.

Dalam pertunjukan tersebut, akan ada tiga periodisasi kehidupan Ainun yang diceritakan. Mulai menjadi mahasiswa kemudian menikah, saat tinggal di Jerman, dan terakhir kembali ke Indonesia lalu sakit dan mengembuskan napas terakhir. Bahkan akan ada juga cerita saat reformasi '98 dalam panggung opera.


(hnh/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed