detikHot

Surat Terbuka Hantam Hoax

Kartunis Mice: Lawan Hoax dengan Kartun!

Kamis, 09 Feb 2017 14:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Pribadi/ Mice Foto: Pribadi/ Mice
Jakarta - Alhamdulillah saya sendiri nggak pernah kena hoax, tapi temanku yang pernah. Gambar temanya diubah, dan diubah sesuai dengan peristiwa tersebut. Dan menurut saya hoax itu absurd. Kabar benar dibilang hoax.

Kadang hoax sengaja digemboskan untuk satu pihak. Dibuat sengaja untuk menjatuhkan lawan dan sengaja mancing, balik nge-bully lagi. Menurut saya hoax itu jahat. Hoax itu mirip-mirip sama fitnah dan sama jahatnya.

Saya pernah bikin kartu dengan tema hoax ini bulan lalu dan terbit di sebuah koran harian. Ceritanya begini, ada dua orang naek bajaj, si supir nanya, "Ikan itu bernafas dengan insang ya?? Bener 'gak sih 'mas?!" tanya supir.

Penumpangnya yang ada dua orang pun menjawab, "Aaach... Hoax tuh 'Bang!!"

Kadang berita benar itu diklaim hoax. Ini lebih dalam lagi. Sekarang menurut saya, semua orang harus melawan hoax, semua kubu kawan hoax. Kita ini yang awam juga kemakam untuk men-share berita nggak benar itu.

Satu lagi tambahan lagi, hoax itu menjadi subur akibat kekecewaan masyarakat teradap pemberitaan media mainstream yang dirasa kurang berimbang. Akhirnya mencari informasi dan kabar dari media lain.

Turn back hoax, ayo hantam hoax!

Muhammad Misrad
Kartunis yang dikenal dengan nama 'Mice'

Hantam Hoax merupakan program detikcom dalam memperingati Hari Pers yang didukung oleh sejumlah tokoh dalam bentuk surat terbuka. Selengkapnya klik https://www.detik.com/hantamhoax


(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com