detikHot

Surat Terbuka Hantam Hoax

Bernard Batubara: Check dan Re-check Sebelum Sebar Informasi

Rabu, 08 Feb 2017 11:41 WIB Bernard Batubara - detikHot
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Pemberitaan Hoax lagi marak-maraknya belakangan ini. Aku sendiri pernah terkena Hoax. Waktu itu suatu hari di-mention followerku link artikel di Kaskus.

Isi artikelnya daftar cewek-cewek indonesia yang muda dan cantik. Di salah satu cewek itu ada fotoku berdua cewek, dan bahasan artikelnya adalah aku pacar si cewek ini.

Padahal cewek itu pembacaku, dan foto itu foto waktu dia datang ke talkshowku. Dan aku nggak punya hubungan apa-apa sama si cewek ini. haha... untung waktu itu lagi single, jadi nggak terlalu ada masalah besar. Tapi kalau kebetulan aku lagi punya pacar, bakal berabe juga.

Kupikir satu-satunya cara menangkal hoax, kalau dari sudut pandang kita sendiri sebagai konsumen informasi, kita harus pinter memilah-milah informasi. Harus check re-check sebelum nyebarin informasi yang kita dapat.

Kalau nggak yakin, konsumsi sendiri dulu aja sambil nyari apakah info itu valid atau nggak. Kalau malas nyari tahu kebenarannya, sebaiknya jangan ikut nyebarin suatu informasi.

Turn back hoax, ayo hantam hoax!

Bernard Batubara, penulis novel 'Elegi Rinaldo'

Hantam Hoax merupakan program detikcom dalam memperingati Hari Pers yang didukung oleh sejumlah tokoh dalam bentuk surat terbuka. Selengkapnya klik di sini!


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com