Iqbaal Ramadhan Dalami Bahasa Jawa dan Belanda untuk 'Bumi Manusia'
Iqbaal Ramadhan Dalami Bahasa Jawa dan Belanda untuk Bumi Manusia
Senin 23 Jul 2018 | 16:00 WIB

Iqbaal Ramadhan Dalami Bahasa Jawa dan Belanda untuk 'Bumi Manusia'

Foto: Asep Syaifullah
Minke merupakan karakter yang sudah ramai dibicarakan ketika nama Iqbaal Ramadhan mengambil bagian dalam produksi film 'Bumi Manusia'.
 

Minke merupakan karakter yang sudah ramai dibicarakan ketika nama Iqbaal Ramadhan mengambil bagian dalam produksi film 'Bumi Manusia'. Segala persiapan demi mendalami karakter dijalani oleh Iqbaal Ramadhan untuk kelangsungan karakter Minke.

Baca juga: Mau Tahu Cerita Iqbaal Ramadhan soal 'Bumi Manusia'? Yuk Intip Videonya

Belum lama ini detikHOT berbincang dengan Iqbaal Ramadhan usai pemotretan Celeb of The Month. Dengan santai ia pun menceritakan segala cara agar mampu mendalami karakter Minke di film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

Mendalami bahasa Jawa dan Belanda merupakan dua kunci yang dijalani oleh Iqbaal Ramadhan dalam proses reading film 'Bumi Manusia'. Dalam mendalami karakter Minke, Iqbaal berlatih dengan acting coach yang mengajari soal geografis kota Yogyakarta kala itu.

"Jadi gue banyak ceritain kalau kita punya acting coachnya itu orang Jawa, orang Yogya, lalu yang menjelasin geografis Yogyakarta tentang bahasanya, tentang kerjaaannya saat itu terus mulai dari kostum gue juga dijelaskan akhirnya gue kayak semacam belajar sejarah juga di sini," papar Iqbaal serius.

"Terus tentang eyang Pram, mereka tim dari Falcon sempat ngobrol sama sejarawan gitu lalu menjelaskan saat itu tata berbahasanya seperti apa, saat itu jadi tata berbahasanya itu kayak orang Belanda berbicara dengan orang pribumi. Itu bukan pribumi yang bisa bahasa Belanda, tapi mereka (red: Belanda) itu bahasa Belanda itu bahasa dewa, nggak boleh kaya Minke dia bisa bahasa Belanda tapi itu nggak di dengerin sebenarnya karena dia pribumi," jelasnya lagi.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Walaupun dia pribumi dan pintar dalam bahasa Belanda itu bukan bahasanya dia jadi lebih baik orang Belanda-nya yang turun kasta bicara dengan bahasa Melayu, jadi mereka menyesuaikan seperti kita kurang lebih seperti itu," kisahnya seru.

Dalam film 'Bumi Manusia' Iqbaal pun dituntut untuk dapat bisa berbicara dalam bahasa Jawa dan Belanda.

"Terus apa lagi ya, gue juga mulai belajar bahasa Belanda dan bahasa Jawa," terangnya antusias.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Ungkap Kemiripan Minke dengan Dirinya

Film 'Bumi Manusia' sendiri kini tengah dalam proses produksi. Kota Yogyakarta menjadi latar belakang film yang diangkat dari karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama dan merupakan buku pertama dari tetralogi Pulau Buru.

* * *
Related Articles
Latest Articles