Cerita di Balik Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'Bumi Manusia'
Cerita di Balik Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di Bumi Manusia
Kamis 19 Jul 2018 | 13:00 WIB

Cerita di Balik Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'Bumi Manusia'

Foto: Asep Syaifullah
Iqbaal pun menceritakan perannya yang sempat menuai kontroversi dirinya sebagai Minke di 'Bumi Manusia'.
 

'Bumi Manusia' merupakan film teranyar Iqbaal Ramadhan di tahun 2018. Belum lama ini Iqbaal Ramadhan menceritakan keterlibatan dirinya di film yang diangkat dari buku karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

Baca juga: Di Luar Akting, Iqbaal Ramadhan Taruh Perhatian pada Pendidikan

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo saat ini masih dalam tahap penggarapan. Iqbaal pun menceritakan perannya yang sempat menuai kontroversi dirinya sebagai Minke di 'Bumi Manusia'.

"Jadi sebenarnya gue tahu 'Bumi Manusia' itu mau difilmkan itu sudah dari sebelum Dilan. Gue waktu itu ketemu mas Hanung akhirnya ngobrol terus dia cerita iya habis ini apa projectnya mas?," papar Iqbaal.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Kita mau bikin film yang diadaptasi dari buku sastra besar di Indonesia judulnya 'Bumi Manusia', terus gue bilang 'saya sudah baca mas bukunya untuk ujian saya sekolah saya di Amerika', dia bilang 'oh iya?', 'iya saya baca, saya ujian materinya dari buku itu dan saya harus pelajari segala macem', oh ya udah kita ngobrol tentang dari bukunya tentang pak Pram tentang Minke dan segala macem," tambahnya.

Iqbaal yang pada saat itu sudah mengetahui bahwa buku 'Bumi Manusia' akan dibuat ke dalam film ketika dirinya tengah sekolah di Amerika. Kembalinya Iqbaal ke Tanah Air dan ingar bingar film 'Dilan 1990' menuai sukses, pria kelahiran Surabaya, 18 tahun silam itu mendapatkan tawaran untuk memerankan sosok Minke di film 'Bumi Manusia'.

"Terus akhirnya gue kembali ke sana (red: Amerika) Dilan segala macem terjadi sampai akhirnya kemarin gue kembali ke sini akhirnya ngobrol lagi sama mas Hanung bahwa dia mau gue untuk jadi Minke," jelasnya serius.

"Terus akhirnya gue 'wah berat banget awalnya kaya ini karakter yang berat' karena gue sudah baca bukunya dan memang bukunya berat sekali. Terus gue yang kaya aduh gimana ya akhirnya gue pikirin dulu sampai akhirnya gue ngobrol sama orangtua gue, pikirin mateng-mateng sampai akhirnya buat gue ini beneran golden chance karena bukunya besar," tambahnya.

Saat mendapatkan tawaran untuk memerankan karakter Minke, Iqbaal merasa mendapatkan tanggung jawab besar saat diminta berperan sebagai Minke. Iqbaal yang sudah membaca buku 'Bumi Manusia' sebelumnya akhirnya ia pun memberanikan diri untuk menerima peran Minke di 'Bumi Manusia'.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Tanggung jawabnya untuk satu Indonesia dan gue willing untuk ngambil karakter ini dan gue willing untuk ngambil tanggung jawab ini untuk mainin karkter Minke di mana buku ini benar-benar dilihat oleh sastrawan oleh sejarahwan dan penikmat sastra pula," kisahnya seru.

"Jadi memang akhirnya memberanikan diri just take it chance dan akhirnya gue memberanikan diri dan willing untuk mengambil tanggung jawab untuk mengambil karakter Minke di film ini," pungkasnya.

Film 'Bumi Manusia' sendiri kini tengah dalam proses produksi dalam arahan sutradara Hanung Bramantyo. Kemunculan Iqbaal sebagai Minke sempat menjadi kontroversi bagi pecinta sastra maupun buku-buku karya Pramoedya Ananta Toer.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Senang Disebut Pelajar dan Aktor

* * *
Related Articles
Latest Articles