Iqbaal Ramadhan Ungkap Kemiripan Minke dengan Dirinya
Iqbaal Ramadhan Ungkap Kemiripan Minke dengan Dirinya
Kamis 19 Jul 2018 | 15:00 WIB

Iqbaal Ramadhan Ungkap Kemiripan Minke dengan Dirinya

Foto: Asep Syaifullah
Mantan personel CJR itu menceritakan bahwa dirinya memiliki kemiripan dengan sosok Minke di film 'Bumi Manusia' garapan sutradara Hanung Bramantyo.
 

Karakter Minke di film 'Bumi Manusia' bakal diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dalam waktu dekat. Mantan personel CJR itu menceritakan bahwa dirinya memiliki kemiripan dengan sosok Minke di film 'Bumi Manusia' garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Belum lama ini detikHOT berbincang hangat dengan Iqbaal Ramadhan usai pemotretan Celeb of The Month dikawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sebelum mengetahui film 'Bumi Manusia' bakal diangkat ke dalam film, Iqbaal pun sudah membaca karya sastra Pramoedya Ananta Toer itu. Ia pun menceritakan sosok Minke dalam buku yang sudah diterjemahkan dalam 33 bahasa itu.

Baca juga: Cerita di Balik Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'Bumi Manusia'

"Satu yang gue tangkep bahwa Minke ini adalah seorang pemberontak, dia memberontak untuk haknya dia. Sebagai pemberontak dia hanya meminta menjadi dirinya sendiri, dia meminta haknya untuk menjadi manusia seutuhnya, dia tidak menganggap Belanda itu lebih tinggi atau pribumi di bawah atau segala macem dia merasa semua orang itu punya kualitas hidup yang sama gitu punya kesempatan hidup yang sama," papar Iqbaal serius.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Dan buat gue ini menarik sekali di mana Minke ini sebenarnya pribumi totok yang merasa dirinya adalah yang pengen sebenarnya menjadi Belanda yang bisa sekolah di HBS (red: Hoogere Burgerschool), teman-temannya orang Belanda dan segala macem walaupun dia dicemooh sama temen-temennya yang belanda nah dia nggak ambil pusing. Buat dia kesempatan untuk belajar di HBS itu nggak di sia-siakan dan sedikit banyak," jelasnya lagi.

Iqbaal yang menyelesaikan studinya di Armand Hammer United World College di Amerika Serikat, pun merasa memiliki kesamaan dengan sosok Minke di film 'Bumi Manusia'. Terlahir sebagai anak asli Indonesia yang sempat belajat di negeri orang, Iqbaal pun harus menjadi dirinya sendiri yakni sebagai asli anak Indonesia.

"Sebenarnya gue merasa gue sama Minke itu ada race emblem ketika gue sekolah di Amerika ya gue merasa harus menjadi global citizen, gue adalah orang Indonesia totok, gue nggak ada campuran tapi gue ketika di sana gue berusaha fit in, gue berusaha fit in untuk menjadi orang-orang sana," urainya seru.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Sama kaya Minke yang pribumi totok untuk menjadi Belanda di buminya Belanda pada saat itu begitu pun gue karena adaptasi tempat segala macem tapi bagaimana pun gue dan Minke berusaha untuk sama-sama tetap ngebawa pribumi, ngebawa rasa cinta indonesia itu kemana pun kita pergi kaya mau gimana pun kaya gue ya gue tetap dari Indonesia kaya gue mau jadi apa American nice, western nice whatever you wanna call it ya gue itu tetap Indonesia gimana pun di end at of the day," jelasnya panjang lebar.

Berperan sebagai Minke yang diangkat dari karya sastra besar milik Pramoedya Ananta Toer, Iqbaal berharap bahwa perannya dalam film ini dapat menyentil generasi muda saat ini.

"Jadi kaya karakter Minke ini kaya benar-benar apa ya suatu karakter yang harus bisa jadi satu panutan buat terutama generasi Indonesia ya karena kan di bukunya itu 20 tahunan ya masih mirip mirip lah sama angkatan gue 18,19,20 tahun di mana berjuang untuk haknya gitu jangan mau ditindas kalau lo merasa benar ya lawan jangan diem aja," pungkasnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Senang Disebut Pelajar dan Aktor

* * *
Related Articles
Latest Articles