Pencak Silat Jadi Akar Budaya Keluarga Hannah Al Rashid
Pencak Silat Jadi Akar Budaya Keluarga Hannah Al Rashid
Rabu 23 Mei 2018 | 14:00 WIB

Pencak Silat Jadi Akar Budaya Keluarga Hannah Al Rashid

Foto: Asep Syaifullah
Menjadi seorang atlet Pencak Silat di usianya saat remaja, Hannah Al Rashid memang sering melihat sang Ayah, Aidinal Hamzah Al Rashid.
 

Hannah Aidinal Al Rashid atau yang lebih dikenal Hannah Al Rashid sempat namanya dikenal lewat akting di layar lebar. Sebelum meniti karier sebagai seorang aktris, Hannah Al Rashid ternyata sempat menjadi atlet Pencak Silat di London.

Baca juga: Hannah Al Rashid Kecam Acara Televisi yang Anggap Perempuan sebagai 'Pemanis'

Menjadi seorang atlet Pencak Silat di usianya saat remaja, Hannah Al Rashid memang sering melihat sang Ayah, Aidinal Hamzah Al Rashid. Ia adalah Bapak Pencak Silat untuk Inggris dan Eropa. Melihat sang Ayah melatih Pencak Silat, mau tak mau membuat Hannah Al Rashid berkecimpung dengan olahraga yang sering di dominasi kaum adam.

Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

Hannah pun menceritakan sepenggal kisah perjalanan sang Ayah yang membawa Pencak Silat ke tanah kelahiran Ratu Elizabeth itu. Pada tahun 1970-an, Aidinal Hamzah Al Rashid membawa olahraga asli milik Indonesia ke Inggris.

"Bapak Pencak Silat iya," paparnya santai.

"Bokap waktu merantau di sana itu buka kelas Pencak Silat pertama di Inggris sampai membangun federasi, itu kalau nggak salah tahun 70-an lah gue lupa persisnya tahun berapa ya. Terus setelah itu bokap itu presiden federasi Inggris dan Eropa untuk Pencak Silat. Pokoknya gini bokap gue memang dari kecil belajar Pencak Silat saat merantau ke Inggris membuka kelas Pencak Silat. Di situ berusaha untuk membawa budayanya ke negara orang lain," tambahnya seru.

Hannah yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara di keluarganya memang tak asing dengan Pencak Silat. Menurutnya olahraga Pencak Silat di Inggris memiliki daya tarik tersendiri ketimbang Ju Jitsu maupun Karate.

"Terus apa ya yang gue liat peminat Pencak Silat di Inggris itu sebenarnya masih sedikit kalau dibandingi dengan Karate atau Ju Jitsu atau olahraga lainnya. Tapi banyaknya peminat Pencak Silat di Inggris sebenarnya tertarik tidak hanya untuk beladiri tapi untuk budaya spritualnya, Pencak Silat kalau dibandingi dengan Karate, Pencak Silat ada unsur-unsur spiritual dan unsur-unsur magical yang cukup menarik untuk orang Inggris," urainya dengan logat bicaranya yang khas.

Hanna pun sempat merasakan menjadi seorang atlet Pencak Silat ketika dirinya masih menetap di Inggris. Sering melihat sang Ayah melakukan berbagai macam tendangan dan jurus Pencak Silat, di situ lah Hannah Al Rashid terangsang untuk menjadi atlet.

Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah


"Dari kecil itu gue udah lihat bokap gue, flight kick sana-sini dari dulu, gue mikirnya dulu bokap gue itu superhero tahu. Soalnya gue suka lihat bokap gue itu banting-banting orang," kenangnya seru.

Baca juga: Hannah Al Rashid Sempat Sakit Hati Dilabeli 'Bule'

"Flight kick itu gue lihat kaya aakkh Jackie Chan, ya mungkin Pencak Silat di keluarga gue itu udah kaya warisan keluargalah, bokap gue silat, abang gue silat, adek gue silat, kami semua pernah jadi juara juga dulu ya," pungkasnya.

Wardrobed by Ree Indonesia.
Aksesoris by House of Jealouxy.
Make up by Ifan Rivaldi.

* * *