Ratu Elizabeth II Disebut Idap Kanker Sebelum Meninggal

ADVERTISEMENT

Ratu Elizabeth II Disebut Idap Kanker Sebelum Meninggal

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 27 Nov 2022 11:43 WIB
Ratu Elizabeth bersama kudanya yang memenangi Ascot Gold Cup 2013.
Ratu Elizabeth II. Foto: Getty Images/Max Mumby/Indigo
Jakarta -

Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia karena usia tua berdasarkan sertifikat kematian yang dirilis resmi oleh kerajaan Inggris. Namun, sejumlah orang terdekat sang mendiang ratu berkata lain.

Hal tersebut diungkap oleh Gyles Brandreth, salah satu teman Pangeran Philip, dalam biografi Elizabeth: An Intimate Portrait. Dikutip dari Independent, Brandreth menyebut Ratu Elizabeth II meninggal dunia bukan karena usia tua, tapi karena mengidap kanker sumsum tulang.

"Aku mendengar ratu mengidap myeloma (kanker sumsum tulang) yang menjelaskan kelelahan dan penurunan berat badannya, juga 'masalah mobilitas' yang diceritakan selama sekitar setahun terakhir hidupnya," ungkap Brandreth dalam bukunya.

"Gejala myeloma paling umu adalah nyeri tulang, terutama di panggul dan punggung bagian bawah. Sementara multiple myeloma adalah penyakit yang sering menyerang orang tua. Saat ini belum ada obat yang diketahui, tetapi obat-obatan bisa mengurangi keparahan gejala dan memperpanjang kelangsungan hidup pasien selama berbulan-bulan atau dua hingga 3 tahun," lanjutnya.

Gyles Brandreth menggambarkan bagaimana kesehatan Ratu Elizabeth II telah menurun sejak musim gugur tahun 2021. Hanya dalam waktu beberapa bulan sebelum meninggal dunia, kondisi sang mendiang ratu menurun drastis.

"Sebenarnya Yang Mulia Ratu selalu tahu sisa waktu hidupnya terbatas. Ia menerima semuanya dengan lapang dada," jelas Brandreth.

Tak hanya itu, penurunan kondisi Ratu Elizabeth II juga dipengaruhi oleh kepergian Pangeran Charles untuk selamanya pada April 2021. Sang mendiang ratu disebut terlihat lesu, namun tetap menyibukkan diri untuk melupakan kesedihan.

Mengenai penyakit yang diidap Ratu Elizabeth II sebelum meninggal dunia, pihak istana masih memilih untuk bungkam.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Sang ratu meninggal pada Kamis, 8 September 2022 pukul 15.10 waktu setempat.



Simak Video "Harry Ungkap 'Reaksi Mengerikan' Keluarga Kerajaan saat Elizabeth Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT