Ki Joko Bodo Meninggal Dunia Setelah Bertobat

ADVERTISEMENT

Round-Up

Ki Joko Bodo Meninggal Dunia Setelah Bertobat

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 23 Nov 2022 05:30 WIB
Ki Joko Bodo saat ditemui di studio Trans TV.
Ki Joko Bodo. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Ki Joko Bodo menjalani kehidupan sebagai seorang paranormal kondang sebelum akhirnya bertobat. Dan pada Selasa (22/11), Ki Joko Bodo meninggal dunia di usia 57 tahun dalam keadaan sudah berhijrah.

Pertobatan Ki Joko Bodo sudah terdengar sejak 2014. Kala itu, ia mengaku bertobat setelah mendapatkan hidayah dengan melihat Ka'bah.

"Aku haji empat kali kok. Kita kalau lihat Ka'bah selalu nangis. Ini kan kita harus meninggalkan segala keburukan dan menjalankan segala ajaran Tuhan dan agama," ungkapnya kepada detikcom dalam wawancara pada Juni 2014.

Ketika memutuskan bertobat, Ki Joko Bodo sudah mewakafkan salah satu tempat prakteknya untuk menjadi rumah ibadah. Ki Joko Bodo menceritakan tanah seluas 200 meter persegi di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur diwakafkan untuk jadi masjid.

"Ada tanah 200 meter aku wakafkan. Aku dari kecil Muslim, jadi wajar saja mau wakafkan untuk masjid, daripada dijual-jual," ceritanya.

"Masjid Kudus itu inspirasinya. Budaya Indonesia, jangan ke Arab-Arab-an, kita kan tinggal di Indonesia," pungkasnya.

Sang anak, Revo, angkat bicara mengenai keputusan sang ayah untuk bertobat. Ia mengaku lega Ki Joko Bodo meninggal dunia dalam keadaan sudah hijrah.

"Kalau saya senang gitu, maksudnya ayah bisa kembali kepada fitrahnya bisa kembali kepada ilmu agama gitu," kata Revo di kediaman Ki Joko Bodo, Selasa (22/11/2022).

"Yang dari dulu dikenal seperti itu (mistis, seram) nyatanya bisa berubah, bisa hijrah," lanjutnya.

Kini, rumah yang dulu mendapatkan predikat seram, diwarnai dengan kegiatan agama. Rumah besar dengan banyak candi itu saat ini lebih banyak dipakai untuk pengajian.

"Ya rumah ini juga sekarang aktif juga pengajian dan segala kegiatan-kegiatan agama," pungkas Revo.

Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa (22/11) sekitar pukul 10.00 WIB. Sang mendiang mengembuskan napas terakhir di kediamannya setelah mandi pagi.



Simak Video "Anak Kagum dengan Ki Joko Bodo yang Berhijrah"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT