Pemakaman Putri Diana Lebih Banyak Ditonton Ketimbang Ratu Elizabeth

ADVERTISEMENT

Pemakaman Putri Diana Lebih Banyak Ditonton Ketimbang Ratu Elizabeth

tim detikhot - detikHot
Senin, 26 Sep 2022 06:00 WIB
6 Kebiasaan Makan Unik Ratu Elizabeth II Ini Diungkap Mantan Chef Kerajaan
Ratu Elizabeth Foto: Getty Images via Insider
Jakarta -

Menurut statistik, lebih dari 26 juta orang menyaksikan upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey. Ini menjadikannya salah satu tontonan TV terbesar dalam sejarah Inggris.

Menurut angka yang dipublikasikan oleh organisasi penelitian Barb dikutip dari Marca, layanan disiarkan di sejumlah saluran, dengan rata-rata 26,2 juta pemirsa yang menonton.

Angka 26,2 juta adalah perkiraan penonton televisi, tidak termasuk orang-orang yang menggunakan perangkat lain untuk menonton upacara pemakaman.

Namun, pemakaman Putri Diana menerima peringkat TV yang lebih tinggi di AS dan Inggris daripada pemakaman Ratu Elizabeth. Tetapi tentu saja sulit untuk membandingkan kedua peristiwa tersebut, karena tingkat kecanggihan teknologi, termasuk akses.

The Princess of Wales and the Queen attend the Opening of Parliament in London, November 1982. Diana is wearing a white fur coat and the Spencer tiara. (Photo by Terry Fincher/Princess Diana Archive/Getty Images)The Princess of Wales and the Queen attend the Opening of Parliament in London, November 1982. Diana is wearing a white fur coat and the Spencer tiara. (Photo by Terry Fincher/Princess Diana Archive/Getty Images) Foto: Terry Fincher/Princess Diana Archive/Getty Images

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth disaksikan di AS oleh rata-rata 11,4 juta orang. Sementara pemakaman Diana pada 1997 ditonton oleh 33,2 juta orang.

Penonton di Inggris terhitung hampir 27 juta orang menyaksikan perpisahan sang ratu, sementara pemakaman Diana disaksikan 32 juta orang.

Fakta menarik lainnya adalah pernikahan Pangeran Harry dan Pangeran William lebih banyak ditonton di televisi ketimbang kematian Ratu Elizabeth. Pernikahan mereka masing-masing menarik 29,2 juta dan 22,7 juta penonton AS.

Sementara, acara televisi yang paling menarik perhatian lainnya adalah final Euro 2020 pada Juli 2021. Pertandingan itu menarik penonton gabungan sebesar 22,5 juta di BBC One dan ITV.

Sedangkan, pembukaan dan penutupan Olimpiade London 2012, masing-masing menarik 24,2 juta dan 24,5 juta penonton.

Barb juga mengaku akan memberikan kelengkapan informasi minggu depan. Mereka juga akan menyertakan jumlah menontonnya di tablet, PC, dan smartphone.



Simak Video "Ungkapan Cinta Pangeran Harry ke Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT