ADVERTISEMENT

Potret Wanita Ayu Berkebaya yang Dipercaya Nyai Saritem

tim detikhot - detikHot
Jumat, 23 Sep 2022 12:36 WIB
Potret nyonya Jawa yang disebut-sebut sebagai Nyai Saritem
Foto: istimewa/dok Ronny Mediono/kedaibarangantik.blogspot.com
Jakarta -

Ada berbagai versi tentang kisah Nyai Saritem. Ada yang menyebut, ia adalah gundik. Tapi banyak yang percaya juga Nyai Saritem sosok penyelamat.

Saritem tentu saja dekat dengan masyarakat Bandung. Nama itu jadi tempat lokalisasi sejak zaman Belanda hingga 2007. Lokasinya bisa diakses dari arah Gardujati mau pun dari Jl Jenderal Sudirman.

Saritem juga jadi nama jalan di kawasan itu. Penamaan tersebut yang jadi salah satu penilaian Budayawan Budi Dalton, tentang siapa sebenarnya sosok Nyai Saritem.

Menurutnya, tak mungkin Saritem jadi nama jalan jika masa lalunya adalah seorang gundik. Saritem justru dianggapnya sebagai penyelamat gadis-gadis itu.

Saritem disebut berupaya menyelamatkan mereka yang terjebak dalam cengkeraman prostitusi agar bisa pulang ke kampung halamannya.

SaritemBudi Dalton memakai kaus dengan gambar yang dipercaya Nyai Saritem Foto: dok YouTube Budi Dalton Ngobat



Budi Dalton yang juga punya program reguler di channel YouTube Budi Ngobat, pernah tampil dengan kaus hitam bergambar Nyai Saritem. Ia percaya foto tersebut adalah sosok sang legenda.

Dalam gambar tersebut terlihat potret wanita Jawa yang kerap dikaitkan sebagai Nyai Saritem di berbagai konten media sosial. Tapi benarkah itu adalah sosoknya?

Melalui metode reverse image, diketahui foto yang beredar di internet itu awal mulanya berasal dari sebuah blog pada 2011. Sementara, foto asli dari sosok yang diyakini Saritem itu juga ditemukan di Yogyakarta, hingga kini tersimpan rapi di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Tapi sang penemu foto itu juga mengaku tak mengetahui siapa potret wanita anggun tersebut.

Baca artikel selengkapnya di detikJabar



Simak Video "Brad Pitt Bantah Lakukan KDRT ke Angelina Jolie di Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT